Breaking News:

Piala Dunia 2018

Petuah Kiper Pemilik Tendangan Kalajengking untuk David Ospina

Kini David Ospina jadi penerus Higuita sebagai penjaga gawang nomor satu tim nasional Kolombia.

AFP PHOTO/LUIS ACOSTA
David Ospina. AFP PHOTO/LUIS ACOSTA 

TRIBUNJAKARTA.COM, RUSIA - Berbicara soal tim nasional Kolombia dan Piala Dunia, publik tentu akan mengenang Rene Higuita. Penjaga gawang legendaris Kolombia itu terkenal eksentrik dan kerap melakukan aksi-aksi penyelamantan yang fantastis.

Higuita juga terkenal sebagai penjaga gawang yang berani keluar sarang membantu serangan tim lewat giringan bola.

Kini David Ospina jadi penerus Higuita sebagai penjaga gawang nomor satu tim nasional Kolombia. Sebagai seorang legenda, Higuita memberikan saran kepada Ospina agar tampil impresif di Piala Dunia 2018. Higuita menyarankan penjaga gawang Arsenal itu untuk berani mengambil risiko.

"Seperti James (Rodriguez, red) dan (Radamel, red) Falcao, Ospina menjadi pilar dari tim. Dia bagus menggunakan kakinya, meskipun dia tidak sering melakukan itu atau mengambil terlalu banyak risiko karena sistem permainan," ujar Higuita di FIFA.com.

Rene Higuita mengatakan David Ospina bukannya penjaga gawang yang tidak berani keluar sarang. Menurut Higuita penjaga gawang berpenampilan terbanyak untuk Los Cafeteros itu akan keluar sarang jika harus melakukannya.

"Jika ada sebuah situasi di mana Anda bisa mengendalikan bola dan memainkannya, maka itu bagus, namun tidak ada yang salah jika hanya berdiri di bawah mistar gawang," kata Higuita yang punya julukan El Loco.

Menurut El Loco, hal terpenting dari seorang penjaga gawang adalah mencegah lawan mencetak gol. Penjaga gawang yang pernah melakukan penyelamatan tendangan kalajengking itu mengatakan penyelamatan tidak membuat penjaga gawang aman di bawah gawang.

"Agar merasa aman, Anda harus mengambil risiko dan dia yang memiliki bola yang mengambil risiko," kata Higuita.

Di klubnya David Ospina sekadar pelapis Petr Cech. Namun demikian, hal itu tidak menyurutkan kepercayaan Pekerman kepada penjaga gawang berusia 29 tahun tersebut.

"Kami selalu percaya pada kemampuannya. Dia selalu memotong bola secara tak terduga dan membuat kami merasa tenang. Itulah David Ospina yang selalu masuk masuk tim nasional membuat dia sangat puas," ujar Pekerman dikutip dari El Tiempo. (Tribunnews/Deo)

 

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved