Breaking News:

Menengok Megahnya Kubah Terbesar di Dunia Masjid Al-Azhom di Tangerang

"Kubah masjid tanpa penyangga dengan diameter 63 meter ini merupakan yang terbesar di dunia," kata Yusuf saat dijumpai di Masjid Raya Al-Azhom

TribunJakarta/Ega Alfreda
Lima kubah terbesar didunia yang dimiliki Masjid Raya Al-Azhom Tangerang, berukuran 63 meter. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Masjid Raya Al-Azhom diklaim memiliki satu kubah berukuran raksasa terbesar di dunia ditambah empat anak kubah yang tak kalah besar.

Masjid Raya Al-Azhom berlokasi di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Masjid tersebut merupakan masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang saat ini dengan didominasi warga biru.

Dari data yang dihimpun TribunJakarta.com, peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 7 Juli 1997 oleh Wali Kota Tangerang, Djakaria Machmud.

Lima kubah terbesar didunia yang dimiliki Masjid Raya Al-Azhom Tangerang,  berukuran 63 meter.
Lima kubah terbesar didunia yang dimiliki Masjid Raya Al-Azhom Tangerang, berukuran 63 meter. (TribunJakarta/Ega Alfreda)

Masjid itu kemudian diresmikan oleh Wali Kota Tangerang, Moch Thmarin pada 23 April 2003.

Satu dari beberapa keunikan yang dimiliki Masjid Raya Al-Azhom adalah, meski memiliki bangunan dengan lima kubah berukuran raksasa, masjid tersebut tidak memiliki tiang penyangga satu pun.

Petugas Bagian Administrasi dan Perijinan Masjid Raya Al-Azhom, Asrofi H Yusuf menerangkan, struktur kubah induk di tengah ditopang oleh 4 kubah anak berbentuk setengah lingkaran di bawahnya sehingga cukup kuat menyangga kubah induk.

"Kubah masjid tanpa penyangga dengan diameter 63 meter ini merupakan yang terbesar di dunia," kata Yusuf saat dijumpai di Masjid Raya Al-Azhom di Tangerang, Kamis (14/6/2018).

Yusuf menjelaskan, lima kubah raksasa tersebut adalah melambangkan lima rukun Islam dan juga melambangkan salat lima waktu yang merupakan kewajiban dari umat Islam.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved