Polres Jakarta Barat Bentuk Tim Tangkap Penyebar Hoaks yang Resahkan Warga

"Ini informasi meresahkan. Kami telusuri kemarin Flyover Pesing nihil (kejahatan). Kami membentuk tim menyelidiki kasus itu,"

Polres Jakarta Barat Bentuk Tim Tangkap Penyebar Hoaks yang Resahkan Warga
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
AKBP Edy Suranta Sitepu 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Polres Metro Jakarta Barat akan membentuk tim untuk mengungkap pelaku penyebar hoaks yang meresahkan di wilayah Jakarta Barat.

Hal itu terkait sempat beredarnya informasi di sosial media yang menyebut banyak terjadi pembegalan selama Ramadan di Jalan Layang Pesing, Jakarta Barat.

Baca: Sandiaga Terharu Harga Bahan Pokok dan Inflasi DKI Jakarta Terkendali Selama Lebaran

Selain itu, juga terkait informasi yang menyebut ada ceceran oli yang menyebabkan banyak pengendara terjatuh di Jalan Layang Pesing.

"Ini informasi meresahkan. Kami telusuri kemarin Flyover Pesing nihil (kejahatan). Kami membentuk tim menyelidiki kasus itu," kata ‎Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu di Mapolres Jakarta Barat, Selasa (19/6/2018).

Edy memastikan sejak Ramadan ‎sampai saat ini tidak ada laporan yang menyebutkan ada tindak kriminal di wilayah tersebut.

"‎Selama Ramadan hingga kini, tak ada laporan. Begitu juga tak ada pelaku curas rumsong (rumah kosong)," tegas Edy.

Edy menegaskan nantinya bila tertangkap, pelaku penyebar hoaks itu akan diproses sesuai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Anggota di lapangan sedang mencari pelaku yang menyebarkan berita bohong. Kami akan proses dengan UU ITE," tegasnya.

Sebelumnya, saat Ramadan lalu sempat viral informasi di media sosial yang mengatakan banyak pembegalan di Jalan Layang Pesing.

Rekaman berdurasi 30 detik itu beredar di grup Whatsapp. Rekaman itu dikatakan oleh seseorang yang mengaku bernama Babeh Yadi.

"Baru dapat info lagi ya, flyover Pesing jangan ada yang naek ya pukul 10 (malam) sampai pagi. Informasi kejahatan meningkat ya di bulan Puasa. Untuk flyover Pesing jangan ada yang naek Grab atau Gojek. Hati-hati itu banyak begal di atas ya. Monitor," ujar suara dalam rekaman tersebut. 

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved