Musim Mudik Lebaran, Bandara Soetta Terbangkan 200 Ribu Penumpang per Hari

Untuk pergerakan pesawat pada musin mudik Lebaran sendiri berkisar sekira 0,4 persen.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Kurniawati Hasjanah
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan konferensi video terkait pemantauan arus balik Lebaran 2018 di Posko Terpadu Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pertumbuhan penumpang arus mudik Lebaran 2018 melalui jalur udara khususnya di Bandara Soekarno-Hatta melampaui target.

Melalui konferensi video pemantauan arus mudik, pertumbuhan penumpang naik sebesar enam persen dari target awal sebesar empat persen, dengan rata-rata 200 ribu pemudik yang terbang pada musim mudik Lebaran 2018.

Untuk pergerakan pesawat pada musin mudik Lebaran sendiri berkisar sekira 0,4 persen.

Terkait hal ini, Budi mengapresiasi PT Angkasa Pura II yang telah sukses mengelola bandara udara saat mudik Lebaran 2018.

"Dari data tersebut, berarti apa yang direncakan di mana okupansi naik dan para maskapai penerbangan menggunakan pesawat yang lebih besar (wide body) ini yang sangat baik," kata Budi saat memantau arus balik dk Posko Terpadu Terminal Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (19/6/2018).

Baca: Kecelakaan Bus dengan Truk di Tol Pasar Rebo Sebabkan 2 Orang Terluka

Sedangkan untuk On Time Performance (OTP), menurut Budi, tidak ada keluhan dari pengguna jasa atas keterlambatan pesawat terbang.

Begitu pula dengan pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta dalam periode mudik Lebaran ini sangat kondusif.

"On Time Performance (OTP) diatas 70 persen, ini merupakan prestasi yang baik. Tidak ada keluhan keterlambatan dari pengguna jasa. Jadi koordinasi antara Angkasa Pura II dan maskapai sangat baik," jelas Budi.

Chief of Officer In Charge (OIC) Bandara Soekarno-Hatta, Langlang Wigiharso menyebutkan, dari data yang didapatkan sejak sejak Selasa (19/6/2018) tercatat terdapat 436 keberangkatan pesawat dari berbagai maskapai di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca: Berlinang Air Mata, Anisa Bahar Akui Siapkan Baju Lebaran Hingga Tak Sangka Juwita Datang

Ia menjabarkan, dari 436 pergerakan tersebut, 258 diantaranya adalah pesawat yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dengan rincian 213 keberangkatan domestik dan 45 sisanya dengan tujuan internasional.

"Sedangkan untuk pesawat datang, tercatat ada 178 pesawat dengan rincian 152 penerbangan domestik dan 26 kedatangan penerbangan internasional," imbuh dia.

Langlang menerangkan, pertumbuhan pergerakan pesawat pada tahun ini baru menyentuh angka 0,23 persen.

"Kalau untuk pertumbuhan penumpangnya sendiri sudah mencapai enam persen," sambungnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved