Breaking News:

Catat Tanggalnya, Skema Ganjil Genap Tol Tangerang-Jakarta Kembali Diberlakukan Pekan Depan

Humas BPTJ, Budi Raharjo mengatakan, meski cuti bersama telah usai, namun pihaknya belum memberlakukan kembali aturan ganjil genap.

KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan yang melintas saat uji coba sistem ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2, Tangerang, Banten, Senin (16/4/2018). Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menargetkan, kebijakan sistem ganjil-genap di tol Tangerang-Jakarta bisa mengurangi kepadatan menuju Jakarta hingga 50 persen. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan kembali memberlakukan skema ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta pada Senin (25/6/2018).

Sampai saat ini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) belum menerapkan kembali skema ganjil genap disejumlah tol, diantaranya Tol Tangerang-Jakarta.

Humas BPTJ, Budi Raharjo mengatakan, meski cuti bersama telah usai, namun pihaknya belum memberlakukan kembali aturan ganjil genap.

Lantaran terdapat beberapa faktor untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

Baca: Usai Libur Lebaran, Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi Diserbu Warga

"Betul sebelumnya aturan ganjil genap memang sudah mulai sejak sebelum cuti bersama, dan beluk kami terapkan sampai cuti bersama ini selesai. Hal ini merupakan antisipasi untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran yang diprediksi hingga Minggu (24/6/2018) nanti," jelas Budi saat dikonfirmasi di Tangerang, Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, dikhawatirkan apa bila skema ganjil genap akan diberlakukan kembali usai berakhir cuti bersama, dapat mengganggu lalu lintas dan terjadi penumpukan di jalur non tol atau arteri.

Baca: Situs PPDB Error, Ini Respon SMA 10 Tangerang Selatan

Sebeluknya, skema aturan ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta telah diberlakukan secara penuh setelah sebelumnya terdapat perpanjangan uji coba aturan tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh, Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 telah berlaku penuh mulai 14 Mei 2018, sementara Karawaci 2 dan 4 berlaku penuh mulai 4 Juni 2018.

"Untuk aturan ganjil genap ini sejauh penerapan telah berjalan lancar dan sesuai dengan rencana yang dimana telah terdapat penurunan kepadatan kendaraan di tol menuju Jakarta. Hal ini juga untuk mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games," ujar Budi.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved