Breaking News:

Kebijakan Imigrasi AS Diterapkan Pemerintahan Trump, New York Akan Menggugat

Negara bagian itu turut merasakan dampak dari kebijakan imigrasi tersebut dengan setidaknya 70 anak imigran ditempatkan di fasilitas penampungan.

tribunnews.com
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pemerintahan Negara Bagian New York bersiap untuk melayangkan tuntutan terhadap pemerintah AS atas kebijakan imigrasi yang memisahkan anak-anak imigran dari orangtua mereka.

Negara bagian itu turut merasakan dampak dari kebijakan imigrasi tersebut dengan setidaknya 70 anak-anak imigran kini ditempatkan di fasilitas penampungan di New York.

"Setidaknya ada 70 anak-anak yang kini ditahan di fasilitas federal di seluruh negara bagian New York. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus meningkat," kata Gubernur New York Andrew Cuomo dalam pernyataan di media sosial Twitternya, Selasa (19/6/2018).

Stasiun televisi lokal, NY1, menyiarkan rekaman yang menunjukkan sekelompok anak-anak perempuan migran yang ditempatkan di pusat penampungan Cayuga di Harlem Timur pada Rabu (20/6/2018) pagi. 

Anak-anak tersebut berbicara dalam bahasa Spanyol dan kemungkinan besar mereka dipisahkan dari orangtua mereka saat melintasi perbatasan. Gubernur Cuomo lantas mengumumkan, pemerintah negara bagian dalam waktu dekat akan mengajukan gugatan multilembaga terhadap pemerintahan Presiden Donald Trump terkait kebijakan imigrasi tersebut.

Baca: Inilah yang Akan Terjadi Pada Otak Anda Setelah 5 Hari Tanpa Media Sosial

"Gugatan akan diajukan dalam waktu kurang dari dua pekan. Pemerintahan Presiden Trump telah melanggar hak konstitusional anak-anak imigran dan keluarga mereka yang dipisahkan di perbatasan." "Pemisahan anak-anak migran ini telah menjadi bentuk kegagalan moral sekaligus tragedi kemanusiaan," kata Cuomo.

Baca: Bosan Lemot? Ini Deretan Operator Seluler Tercepat di Indonesia, Begini Rinciannya!

Dukungan terhadap aksi gugatan terhadap pemerintah juga disampaikan Wali Kota New York, Bill de Blasio yang menyatakan menentang tindakan pemisahan anak-anak migran dari orangtua mereka.

"Saya ingin melihat upaya apa pun yang bisa kami lakukan untuk menghentikan kota New York menjadi tempat penampungan anak-anak yang dipisahkan dari orangtua mereka," ujarnya pada Selasa (19/6/2018). Anak-anak yang dipisahkan tersebut dipindahkan oleh Kantor Pemukiman Pengungsi ke negara bagian di setidaknya 10 lokasi penampungan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "New York akan Gugat Pemerintahan Trump atas Kebijakan Imigrasi AS"

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved