Jumlah Pelanggaran Terhadap Anak di Depok Meningkat 28 Persen

Dari data itu, Sirait menyatakan ada kenaikan sebanyak 28 persen kasus pelanggaran terhadap anak bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Jumlah Pelanggaran Terhadap Anak di Depok Meningkat 28 Persen
TribunJakarta.com/Bima Putra
Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait saat ditemui wartawan, Pancoran Mas, Depok, Jumat (8/6/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKMAJAYA - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat 112 kasus pelanggaran terhadap anak dalam tempo lima bulan.

Dari perhitungan sejak Januari hingga Mei 2018, di wilayah Jabodetabek Depok menduduki peringkat empat sebagai kota dengan jumlah pelanggaran terhadap anak tertinggi.

Baca: Begini Penuturan Korban Selamat yang Merekam Tenggelamnya KM Sinar Bangun

"Kalau saya lihat di Jabodetabek. Depok itu urutan keempat, jadi Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok. Jumlah ini sangat meningkat, kalau di rata-rata 30 kasus setiap bulan," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat dihubungi wartawan, Sukmajaya, Depok, Senin (25/6/2018).

52 persen dari jumlah 112 itu merupakan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang 84 persen pelakunya merupakan usia 15 hingga 17 tahun.

Sementara 48 persen lainnya merupakan kasus begal, termasuk kasus penjarahan toko oleh anak-anak usia belasan.

Baca: Lahir dari Proses Inseminasi, Begini Kondisi Terkini Anak Kembar 5 di Surabaya Setelah 3 Tahun

Dari data itu, Sirait menyatakan ada kenaikan sebanyak 28 persen kasus pelanggaran terhadap anak bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Jumlah ini dapat lebih tinggi mengingat tidak seluruh kasus kekerasan terhadap anak dilaporkan kepada Komnas PA.

"Jadi satu kasus setiap hari, artinya tidak ada kasus tanpa kekerasan terhadap anak. Itu baru yang dilaporkan ke Komnas PA, belum lagi yang dilaporkan ke tempat lain. Peningkatannya 28 persen," jelasnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved