Polisi Tetapkan Siaga 1 Pilkada Kota Bekasi

"Sejak 26 dan 27 Juni itu kita perintahkan anggota Polres siaga 1, lebih memastikan bahwa kita power on hand jadi kita pastikan semua terkendali,"

Polisi Tetapkan Siaga 1 Pilkada Kota Bekasi
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto bersama Dandim 0507 Kota Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto, menetapkan siaga 1 kepada personel kepolisan selama proses pencoblosan Pilkada Kota Bekasi berlangsung.

"Sejak 26 dan 27 Juni itu kita perintahkan anggota Polres siaga 1, sebetulnya lebih memastikan bahwa kita power on hand jadi kita pastikan semua terkendali," kata Indarto kepada TribunJakarta.com, Senin (24/6/2018).

Baca: Tidak Mau Ambil Resiko, Polres Bekasi Kerahkan 2.500 Personel Gabungan Saat Pencoblosan

Dia menambahkan, meski nantinya anggota kepolisian disibukkan dengan proses pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai pada proses penghitungan atau bahkan sejak sebelum pemungutan suara, pelayanan atau fungsi kepolisan lainnya harus tetap berjalan seperti biasa tanpa ada pengurangan sedikitpun.

"Jadi kan begini walaupun ada pengaman TPS kegiatan masyarakat tetep berlangsung, kita harus tetap ngatur lalu lintas juga kalau ada pembunuhan, kebakaran tetap harus melakuka fungsi polisi," jelas dia.

Baca: 3 Hari Dibuntuti, Pelaku Curanmor yang Selalu Kabur Ini Mendapat Hadiah Timah Panas

Pihaknya juga menyiagakan 500 Personel cadangan, dimana personel tersebut tidak melakukan proses penganan TPS namun siaga di Mako Polres atau Polsek untuk tetap melakuka kegiatan pelayanan kepolisian.

"Jika pada Pilkada ada Konsigensi mereka akan kita geser untuk perbantuan, jadi nanti 26 dan 27 Juni itu anggota enggak boleh tinggalkan Mako baik Mako Polres atau Mako Polsek kecuali izin pimpinan," jelas dia.

Selama proses Pilkada ini, sebanyak 2.500 personel gabungan akan disiagakan mengamankan proses pencoblosa Pilkada Kota Bekasi, personil gabungan tersebut akan di tempat di tiap-tiap TPS.

Baca: Bayi Baru Lahir Dibuang di Luar Resto, Begini Tindakan Para Staf yang Bikin Terenyuh

Personel gabungan itu terdiri dari 956 personil Polres Metro Bekasi Kota, 200 personil Sabhara Polda Metro Jaya, 200 personil BKO (Bantun Kendali Operasi) Polres Timur dan Polres Pusat, 265 personil TNI.

"Semuanya akan ditempatkan di 3030 TPS, termasuk didalamnya 6000 limnas akan disiagakan di titik-titik rawan, tiga Kompi Brimob, satu kompi TNI, Tiga Kompi Sabhara Polda Metro Jaya," jelas Indarto.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved