Pilgub Jawa Tengah

KPU Adakan Real Count Pilgub Jateng, Hasilnya Langsung Diketahui Sehari

KPU Jateng akan menggelar real count hasil pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Jawa Tengah dan Pilkada serentak di Jateng, Rabu (27/6/2018).

KPU Adakan Real Count Pilgub Jateng, Hasilnya Langsung Diketahui Sehari
Tribun Jateng/Daniel Purnomo
Dua pasangan calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Gus Yasin bersama Sudirman Said-Ida Fauziyah makan di angkringan Jalan Pamularsih, Semarang, Kamis (19/4/2018) malam. TRIBUN JATENG/DANIEL PURNOMO 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJAKARTA.COM, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah akan menggelar real count hasil pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Jawa Tengah dan Pilkada serentak di Jateng pada Rabu (27/6/2018).

“Kita besok tidak melakukan quick count tapi real count, jadi akurasinya 99 persen,” ujar Ketua KPU Provinsi Jateng, Joko Purnomo, Selasa (26/6/2018).

Joko menjelaskan, data real count diambil dari TPS berupa formulir C1 yang direkap dan discan, selanjutnya dikirim ke KPU kabupaten atau kota, kemudian dikirim ke KPU Jateng.

Real count akan dimulai usai penghitungan suara di TPS.

Sesuai jadwal, penghitungan suara di TPS akan dimulai pukul 13.00 WIB, maka diperkirakan real count dimulai pukul 14.00 WIB.

“Jadi, harapannya real count akan tuntas 100 persen pada pukul 24.00 WIB. Itu dengan catatan jika tidak ada kendala teknis dari masing-masing daerah, semisal mengenai jaringan internet dan lainnya,” ungkap dia.

Dari simulasi yang dilakukan KPU beberapa waktu lalu, terdapat kendala untuk merealisasikan real count berupa jaringan internet di daerah.

Namun, KPU telah mendapat dukungan dari PT Telkom.

“Kemarin, PT Telkom sudah memastikan tidak ada hambatan, tapi tidak tahu juga nanti,” katanya.

Pada Pilgub Jateng 2018, terdapat 27.068.500 pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di 63.973 TPS atau berada di 8.559 desa serta kelurahan.

“Untuk masyarakat yang ingin mengetahui hasil real count, bisa mengakses website situng.kpu.go.id,” kata mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri ini.

Selain real count, KPU juga melakukan rekapitulasi secara manual yang dimulai dari tingkat TPS, Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau desa, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 28 Juni sampai 4 Juli 2018, KPU kabupaten/kota pada 4-6 Juli 2018, dan di KPU Provinsi pada 7-9 Juli 2018.

“Hasil resmi perolehan suara nanti akan ditetapkan pada 9 Juli,” tegasnya.

Berita ini sudah tayang di Tribun Jateng dengan judul: KPU Jateng Akan Melakukan Real Count Pilgub, Sehari Langsung Tahu Hasilnya

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved