Miliki Keterbatasan, Bocah Ini Mampu Menghafal 30 Juz Al Quran dan 50 Hadits

Lantunan suara merdu para peserta lomba menghafal ayat suci Alquran menggema ke segala penjuru ruangan di Graha Ragunan, Jakarta Selatan.

Miliki Keterbatasan, Bocah Ini Mampu Menghafal 30 Juz Al Quran dan 50 Hadits
TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Muhammad Farhan Azzami selaku peserta hafal Al-quran 30 Juz di Graha Ragunan, Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR MINGGU - Lantunan suara merdu para peserta lomba menghafal ayat suci Alquran menggema ke segala penjuru ruangan di Graha Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Nantinya, sebuah suara merdu itu juga akan bersumber dari Muhammad Farhan Azzami (16) yang tengah berkeliling di sekitar area perlombaan menghafal Al-quran tingkat Internasional.

Bersama dengan sang Ayah, Hadi Susanto (47) ia menunggu acara lomba tersebut kembali dimulai setelah para peserta melakukan salat Dzuhur berjamaah dan makan bersama.

Baca: Dikabarkan Dekat dengan Richard Kyle, Jessica Iskandar: Nyaman Lah, Makanya Pergi Bareng

Meski diselimuti keterbatasan fisik di usianya yang belia, kemampuan Farhan membuat kebanyakan orang tercengang lantaran dirinya bisa menghafal 30 Juz Al-Quran serta Hadits.

"Farhan mengalami keterbatasan sejak usianya masih kecil. Ia menderita Duchenne Muscular Distrophy (DMD) masalah mengenai ototnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu ia pun semangat dalam hidup khususnya belajar al-quran," kata ayahnya, Hadi, pada TribunJakarta.com, Rabu (27/6/2018).

Sang ayah pun membeberkan perjuangan Farhan kala berlatih menghafal Al-quran.

"Awalnya saya meminta arahan dari para ustaz terkait anak saya. Saya sempat ingin sekolahkan, atau seperti kejar paket C atau ijazah. Saya memutuskan tidak mengejar pendidikan untuk ajarkan agama setelah konsultasi dengan ustaz. Saya perdalam masalah keagamaannya," terangnya.

Farhan pun dengan semangat membuncah selalu ingin belajar dan haus akan ilmu agama Islam.

"Saya sebenarnya bukan lulusan dari Ponpes. Tapi saya mengerti agama jadi apa yang saya bisa saya tularkan ke dia saya ajarkan Al-quran. Tak terlepas juga saya bawa ke tempat Ustaz yang mengerti tentang agama. Selama belajar di tempatnya dua tahun langsung mengalami perkembangan," kenang Hadi bangga.

Baca: Tak Ingin Selalu Dikaitkan dengan Hilda dan Billy, Kriss Hatta: Itu Membuat Aku Nggak Berkah

Halaman
12
Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved