Butuh 1,5 Bulan Tim Wall of Frame Himpun Data Soal Arti Kelurahan di Ibu Kota

Tim Pameran Toponimi Wall of Frame Sejarah Betawi butuh satu setengah bulan mengumpulkan data tentang sejarah nama-nama kelurahan di DKI Jakarta.

Butuh 1,5 Bulan Tim Wall of Frame Himpun Data Soal Arti Kelurahan di Ibu Kota
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Seorang pria sedang memperhatikan peta Jakarta dari masa ke masa dalam pameran Wall of Frame Sejarah Betawi di North Art Space, Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara, Minggu (1/7/2018). Pameran ini berlangsung dari 14 Juni sampai 17 Agustus 2018. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Tim Pameran Toponimi Wall of Frame Sejarah Betawi butuh satu setengah bulan mengumpulkan data tentang sejarah nama-nama kelurahan di DKI Jakarta.

Asep Setiawan, tim penulis ahli Wall of Frame, mengatakan selama itu pihaknya mengumpulkan data soal arti nama-nama kelurahan yang kini ditampilkan di Pasar Seni Ancol.

Tim pengumpul data terdiri dari empat orang ahli, satu di antaranya Candrian Attahiyyat dari tim ahli cagar budaya Pemprov DKI Jakarta.

Sumber nama-nama kelurahan itu awalnya didapatkan dari delapan peta Jakarta yang dihimpun dari 1740 sampai 2015.

Delapan peta tersebut didapatkan oleh Candrian dari sejumlah pihak.

Selain peta, arti nama tiap-tiap kelurahan juga didapatkan dari buku-buku sejarah kampung tua di Jakarta dan juga peninjauan langsung ke lapangan.

"Terus sumber-sumber tertulis lain. Ada beberapa yang kita ke lapangan langsung yang kita enggak dapat," terang Asep ditemui TribunJakarta.com, Minggu (1/7/2018) sore.

Di North Art Space (NAS) Pasar Seni Ancol Jakarta Utara, mulai 14 Juni sampai 17 Agustus 2018, diadakan Pameran Toponimi Wall of Frame Sejarah Betawi.

Pameran ini menampilkan bahasan ilmiah tentang 287 nama kelurahan di Jakarta yang ditampilkan dalam bingkai-bingkai yang disesuaikan dengan kecamatannya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved