Festival Kopi Nusantara Ajak Masyarakat Tingkatkan Animo Minum Kopi

Fakta yang berkembang saat ini terutama di perkotaan, kedai kopi tumbuh dibarengi minat masyarakat meningkat karena sudah menjadi gaya hidup.

Festival Kopi Nusantara Ajak Masyarakat Tingkatkan Animo Minum Kopi
TribunJakarta/Anisa Kurniasih
Suasana Festival kopi Nusantara yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2018). 

Laporan Wartawn TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Harian Kompas bersama BRI menggelar Festival Nusantara bertajuk "Cerita Negeri Kopi".

Festival di Bentara Budaya Jakarta, kompleks Kompas Gramedia, Jakarta, mengahdirkan beragam kopi dari Aceh hingga Jayawijaya.

Acara ini sebagai upaya menjembatani kepentingan petani, pemerintah dan pengusaha kopi.

Fakta yang berkembang saat ini terutama di perkotaan, kedai kopi tumbuh dibarengi minat masyarakat meningkat karena sudah menjadi gaya hidup.

Melalui wadah ini, para pihak dapat saling mengenal dan berbagi, saling mengevaluasi serta membangun komitmen guna mendongkrak kualitas dan kuantitas komoditas kopi sesuai standar pasar.

Pembukaan Festival Kopi Nusantara dihadiri Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredja, dan Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Festival ini tak melulu memamerkan beragam kopi dari berbagai daerah di Nusantara, tapi juga diisi seperti diskusi bertema kopi, pameran foto hasil liputan dalam Jelajah kopi nusantara, ada pula kelas roasting kopi, kompetisi manual browing, cup taster, peramal kopi dan live music yang akan menghibur pengunjung.

Jadwal diskusi tentang kopi berlangsung selama tiga kali pada Jumat (20/7/2018), Sabtu (21/7/2018) dan Minggu (22/7/2018).

Dalam diskusi ini narasumber akan membedah lebih jauh 1001 persoalan yang dihadapi kopi di nusantara, juga tantangan yang berkembang saat ini dan di masa depan, teknologi pengolahan kopi, dan kopi yang telah menjadi gaya hidup generasi milenial.

Halaman
12
Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved