Breaking News:

Foto Presiden AS Donald Trump Muncul Saat Ketik 'idiot' di Google Images

Ketik "idiot" ke dalam kolom pencarian Google Images maka Anda akan menemukan bahwa beberapa hasil pertama adalah foto-foto Presiden Amerika Serikat.

Penulis: Ananda Bayu Sidarta
Editor: Wahyu Aji
Grafis Tribun Jakarta / Google
Hasil pencarian Google Image 'idiot', muncul foto Donald Trump 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ananda Bayu Sidarta

TRIBUNJAKARTA.COM - Sekelompok netizen telah memulai protes internet yang tidak biasa terhadap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menggunakan pencarian Google.

Ketik "idiot" ke dalam kolom pencarian Google Images maka Anda akan menemukan bahwa beberapa hasil pertama adalah foto-foto Presiden Amerika Serikat.

Rupanya, hasil pencarian muncul setelah lagu punk rock 2004, American Idiot digunakan sebagai lagu kebangsaan oleh para protester(pemrotes atau pengunjuk rasa) selama perjalanan Trump baru-baru ini ke London Kamis lalu(12/7/2018).

Menurut Guardian, sejak saat itu, para protester telah mencoba mempertahankan asosiasi pencarian antara foto-foto Trump dan kata "idiot".

Untuk melakukannya, netizen mencoba untuk memanipulasi algoritma Google, seperti mengumpulkan orang untuk menaikkan peringkat pos Reddit yang berisi foto pemimpin AS dan kata kunci.

Pada Kamis malam, 11 dari 12 foto pertama yang muncul di Google Image search terkait dengan Trump.

Pada tahun 2004, Google bertemu dengan kontroversi serupa ketika mengetik kata "Jew" akan muncul karikatur kait-nosed.

Perusahaan menolak untuk menghapus gambar dan malah menjelaskan dalam iklan di samping gambar yang menjelaskan mengapa karikatur muncul di hasil.

"Peringkat situs dalam hasil pencarian Google sangat bergantung pada algoritma komputer menggunakan ribuan faktor untuk menghitung relevansi halaman dengan permintaan yang diberikan," perusahaan teknologi itu mengatakan saat itu, lapor the Guardian.

"Terkadang seluk-beluk bahasa menyebabkan anomali muncul yang tidak dapat diprediksi," tambahnya.

Asosiasi Google Image lain yang kontroversial di masa lalu termasuk Michelle Obama dan gambar yang sudah diedit menggunakan photoshop, dibuat agar terlihat seperti kera, dan gambar Bill Clinton ketika kata pemerkosa dimasukkan sebagai kata kunci.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved