Breaking News:

Kelebihan Kapasitas Tahanan, Petugas Lapas Kelas I Cipinang Kerja Ekstra Keras

Kelebihan kapasitas tersebut, membuat satu kamar tahanan bisa diisi hingga lebih dari lima orang narapidana

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Satgas gabungan melaksanakan apel sebelum melaksanalan penggeledahan di Lapas Kelas I Cipinang dan Rutan Kelas I Cipinang, Minggu (22/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPINANG - Minggu 22 Juli 2018, satuan petugas (satgas) gabungan dari seluruh wilayah Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia, melaksanakan penggeledahan kamar tahanan di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur.

Sejumlah barang elektronik, senjata tajam, serta barang - barang lainnyabyang dilarang berada di dalam kamar tahanan berhasil disita petugas.

Kepala Lapas Kelas I Cipinang R Andika Dwi Prasetya menuturkan, ada sekiranya 100 personel satgas gabungan yang menggeledah Wisma Tipe III Wahyudin Suryobroto.

Penggeledahan kali ini, difokuskan di kamar tahanan napi koruptor, dan tidak semua kamar tahanan di Lapas Kelas I Cipinang digeledah.

Hal ini dikarenakan, jumlah personel satgas gabungan yang hanya sekiranya 100 personel, berbanding jauh dengan jumlah tahanan yang mencapai ribuan orang.

Zulkifli Hasan: Kampus Harus Berani Suarakan Keresahan Rakyat

"Jumlah tahanan saat ini di Lapas Kelas I Cipinang mencapai 3646 orang, sementara kapasitasnya sendiri hanya 800 narapidana," ucap Andika dikonfirmasi TribunJakarta.com, Senin (23/7/2018).

Kelebihan kapasitas tersebut, membuat satu kamar tahanan bisa diisi hingga lebih dari lima orang narapidana.

Hal ini juga, berimbas kepada petugas lapas yang harus bekerja ekstra keras, untuk menjalankan tugasnya berjaga di ruang lingkup Lapas Kelas I Cipinang.

"Bisa dibayangkan kerja keras kami, yang harus berjaga di lapas ini, yang total narapidananya mencapai ribuan orang melebihi kapasitas yang ada," kata Andika.

Namun, Andika mengatakan pihaknya tetap berjaga keras, demi menciptakan keamanan, bagi seluruh warga Lapas Kelas I Cipinang.

Hingga saat ini, Andika menuturkan kondisi keamanan di lapas dapat tetap berjalan lancar, aman, dan damai, berkat kerjas keras jajarannya.

"Berkat kerja keras petugas, hingga saat ini kondisinya secara umum dapat dikatakan aman dan terkendali," kata Andika.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved