Area Hijau Pisahkan Halte Bus dengan Jalan Raya di Sudirman Bikin Bingung Warga

Keberadaan taman atau area hijau tepat di tepi Jalan Jenderal Sudirman mendapat perhatian sejumlah penumpang kendaraan umum.

Area Hijau Pisahkan Halte Bus dengan Jalan Raya di Sudirman Bikin Bingung Warga
Kompas.com/Ardito Ramadhan D
Dua penumpang bus terpaksa menyeberangi area hijau yang memisahkan halte bus di depan Gedung Graha CIMB Niaga, Senayan, dengan Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (24/7/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Keberadaan taman atau area hijau tepat di tepi Jalan Jenderal Sudirman mendapat perhatian sejumlah penumpang kendaraan umum.

Area hijau yang ditanami rumput tersebut memisahkan sejumlah halte bus dengan Jalan Jenderal Sudirman, tempat bus melintas.

Dilansir Kompas.com pada Selasa (24/7/2018), para penumpang bus Metrotrans dan bus tingkat yang turun tepat di depan halte terpaksa harus berjalan memutar beberapa meter untuk mencapai trotoar.

Sementara calon penumpang di halte harus menghindar dari area hijau untuk menuju bus yang berhenti di pinggil Jalan Sudirman.

"Ya sayang ya jadi harus muter cukup jauh. Dulu sebelum ada taman begini sih sudah langsung ke trotoar enggak perlu jalan muter begini," kata Ario, penumpang bus Metrotrans.

Area hijau atau taman memisahkan Halte bus di depan Kampus Universitas Atma Jaya dengan Jalan Jenderal Sudirman. Foto diambil pada Selasa (24/7/2018).
Area hijau atau taman memisahkan Halte bus di depan Kampus Universitas Atma Jaya dengan Jalan Jenderal Sudirman. Foto diambil pada Selasa (24/7/2018). (Kompas.com/Ardito Ramadhan D)

Tak sedikit pula penumpang yang turun dari bus dan memotong jalan dengan melintasi area hijau berumput, padahal baru ditanam dan belum sepenuhnya tertutup.

"Saya juga bingung kalau muter jadi agak jauh terus khawatir keserempet juga jadi ya nekat motong aja deh," ucap Heri, penumpang lain yang nekat melintasi area rumput.

Arini, warga yang tengah menunggu bus, berharap agar letak halte-halte tersebur bisa diatur ulang supaya tidak menyulitkan para penggunanya.

"Sebenarnya bagus-bagus saja sih dikasih taman gini, tapi kita yang naik bus jadi repot harus muter agak jauh. Kalau hujan kan juga becek. Harapannya ya dirapikan lagi deh supaya gampang naik-turunnya (ke bus)," katanya.

Sementara itu, beberapa kendaraan seperti taksi, bus, dan ojek tampak memilih menepi di dekat pintu-pintu masuk gedung agar penumpangnya tidak harus berjalan terlalu jauh.

Akses calon penumpang di halte bus, depan Gedung Graha CIMB Niaga, menuju Jalan Jenderal Sudirman, terhalang area rerumputan. Foto diambil pada Selasa (24/7/2018).
Akses calon penumpang di halte bus, depan Gedung Graha CIMB Niaga, menuju Jalan Jenderal Sudirman, terhalang area rerumputan. Foto diambil pada Selasa (24/7/2018). (Kompas.com/Ardito Ramadhan D)

Pantauan Kompas.com di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, ada beberapa halte yang terhalang area rumput-rumput Halte-halte itu antara lain halte di depan Gedung Graha CIMB Niaga, Senayan, halte di depan Kampus Universitas Atma Jaya, Semanggi, dan halte di depan Gedung Plaza Sentral, Karet.

Dihubungi Kompas.com, Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan, Dinas Bina Marga DKI Jakarta tengah membangun akses untuk menghubungkan halte bus dengan Jalan Jenderal Sudirman yang terhalang area jalur hijau.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Warga Bingung Ada Area Rumput Pisahkan Halte Bus dengan Jalan Raya di Sudirman

Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved