Mudahkan Investasi di Ibu Kota, Anies Baswedan Resmikan Jakarta Investment Centre

Jakarta Investment Centre (JIC) merupakan upaya dalam pengembangan potensi ekonomi daerah dan investasi dengan memberikan kemudahan kepada investor.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan JIC di Mal Pelayanan Publik, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Jakarta Investment Centre (JIC) di mal pelayanan publik kawasan Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan pada Selasa 31 Juli 2018 kemarin.

Jakarta Investment Centre (JIC) merupakan upaya dalam pengembangan potensi ekonomi daerah dan investasi dengan memberikan kemudahan kepada investor, menciptakan kemudahan usaha dan peningkatan realisasi investasi di Jakarta melalui sistem satu pintu.

"Kunci utama pembangunan perekonomian Jakarta adalah adanya sinergi antara para pemangku kepentingan dan pelaku usaha," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam acara peresmian Jakarta Investment Centre di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Selasa, (31/7/2018).

Diketahui, JIC dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1706 tahun 2017 mengebai Pembentukan Jakarta Investment Centre dengan struktur keanggotan yang bukan hanya terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berhubungan dengan bidang Penanaman Modal tetapi juga termasuk di dalamnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

"Peran JIC bukan hanya mendorong iklim investasi yang kondusif, tetapi juga berperan aktif dalam menyelanatkan perekonomian di Jakarta karena investasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang," katanya.

Menurut penjelasan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Edy Junaedi, JIC didirkan untuk memudahkan investor dalam mengurus perizinan.

Selain itu, JIC juga dapat memfasilitasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi baik oleh para calon investor maupun investor apabila mengalami hambatan atau masalah dalam merealisasikan investasinya.

"(Keuntungan) kecepatan pemprosesan izin, kemudian kami bantu analisis bisnisnya. Tadi ada data peta-petanya dan kami siapkan desk konsultasi bisnis," kata Edy di JIC Jakarta Selatan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved