Pilot Helikopter Nekad Evakuasi Jenazah, Semua Pendaki Telah Diselamatkan

Sejak 29 hingga 31 Juli pagi, total yang berhasil dievakuasi 1.091 jiwa. Sebanyak 1.090 jiwa selamat dan satu meninggal dunia

Pilot Helikopter Nekad Evakuasi Jenazah, Semua Pendaki Telah Diselamatkan
ISTIMEWA
Tim Evakuasi Gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, BTNGR (Balai Taman Nasional Gunung Rinjani), tenaga medis, dan relawan telah berhasil mengevakuasi 543 orang dari Gunung Rinjani, Lombok. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sebanyak 1.091 pendaki Gunung Rinjani dapat dievakuasi setelah terjadi gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu (29/7/2018) pagi.

Sebanyak tiga pendaki dievakuasi menggunakan helikopter.

"Sejak 29 hingga 31 Juli pagi, total yang berhasil dievakuasi 1.091 jiwa. Sebanyak 1.090 jiwa selamat dan satu meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (31/7/2018) kemarin.

Dia memaparkan rincian pendaki yang dievakuasi yaitu sebanyak 723 warga negara asing (WNA) dan 368 warga negara Indonesia (WNI).

Menurut Sutopo proses evakuasi dilakukan oleh 244 personel gabungan terdiri dari TNI, Polri, relawan, Mapala, dan Basarnas yang sudah bergerak sejak 29 Juli 2018 setelah gempa terjadi.

"Hari ini memang ada enam WNI pendaki yang masih ada di Danau Segara Anak, tim evakuasi gabungan bergerak sejak Senin malam dan sudah menemukan enam pendaki," jelasnya.

Dalam proses perjalanan evakuasi terhadap enam orang tersebut, tim gabungan menemukan tujuh warga lokal lagi di Gua Susu, sehingga total yang dievakuasi menjadi 13 orang.

Dari 13 orang tersebut, tiga korban dievakuasi menggunakan helikopter sedangkan 10 orang lainnya dievakuasi melalui jalur darat.

Begitu pula jenazah Muhammad Ainul Takzim, pendaki asal Makassar, dievakuasi menggunakan helikopter.

Pemberlakuan Ganjil Genap Berlaku Hari Ini, Pengendara Ini Ditilang Lantaran Miliki Plat Ganda

Menurut Sutopo, proses evakuasi telah selesai karena menurut laporan sudah tidak ada wisatawan lagi di Gunung Rinjani. BNPB mencatat, hingga Selasa korban meninggal dunia menjadi 17 orang.

Halaman
123
Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved