Sandiaga Uno Pelajari Pengelolaan Lalu Lintas dari Rusia

Saat berada di Rusia, Wakil Gubernur Sandiaga telah mempelajari sistem pengelolaan lalu lintas yang diterapkan ketika perhelatan Piala Dunia

Sandiaga Uno Pelajari Pengelolaan Lalu Lintas dari Rusia
TribunJakarta.com/Leo Permana
Maskot Asian Games 2018 yang menghiasi kawasan Jalan Sudirman, Kamis (2/8/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah tiba di Ibukota usai melakukan kunjungan kerja selama beberapa hari di kota Moskow, Rusia.

Saat berada di Rusia, Wakil Gubernur Sandiaga telah mempelajari sistem pengelolaan lalu lintas yang diterapkan ketika perhelatan Piala Dunia kemarin agar dapat diadaptasikan untuk Asian Games 2018 yang sudah di depan mata.

Kunjungan tersebut berlangsung pada Kamis, (2/8/2018) di Moscow Traffic Management Centre (TMC), Rusia.

"Alhamdulillah kami bisa berkunjung ke Moscow Trafic Command and Control Centre. Kami sangat ingin belajar dari kesukesan Kota Moscow di dalam pengelolaan lalu lintas selama ajang piala dunia mengingat kita akan menyongsong hajatan Asian Games," ujar Sandiaga Uno.

Polemik Sertifikasi Halal Imunisasi Rubella, KPAI Akan Bertemu MUI dan Kemenkes

Diketahui, sejak tahun 2012 pemerintahan Kota Moskow telah menerapkan Intelligent Transport System (ITS) atau sistem transportasi intelijen sebagai wujud dari pembangunan berkelanjutan yang menjadi referensi terapan di berbagai kota di dunia.

Dimana melalui sistem ini, Moscow TMC dapat memonitor dan memprediksi kondisi lalu lintas sehingga kepadatan kendaraan mampu tersebar secara merata berdasarkan kapasitas ruas jalan.

Melalui 2.048 CCTV dan 1.402 kamera yang terpasang secara integrasi di seluruh penjuru kota Moskow, Kondisi lalu lintas terkini (diperbarui setiap 1-2 menit) dapat dipantau langsung melalui layar informasi dalam kota, radio, situs resmi, dan media lain yang telah bekerja sama dengan Moscow TMC.

Berdasarkan informasi yang TribunJakarta.com dapatkan, Moscow TMC telah menerapkan kebijakan khusus untuk memastikan aktivitas lalu lintas di kota Moskow tetap berjalan tanpa ada hambatan.

"Alhamdulillah banyak sekali ilmu dan referensi yang didapat oleh kami selama kunjungan ini. Insya Allah bisa diadaptasi oleh DKI Jakarta agar bisa lebih siap dan lebih baik dalam mengelola lalu lintas menjelang Asian Games," tutur Sandi.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved