Breaking News:

Ketahuan Pakai Paspor Palsu Meksiko, Pria Ini Dibekuk Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta

Pria asal Cina terciduk petugas imigrasi saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (10/8/2018) dini hari setelah menggunakan paspor palsu.

ISTIMEWA
Warga negara asing (WNA) inisial LJC (34) berhasil diamankan petugas imigrasi Bandara Soekarno-Hatta setelah menggunakan paspor palsu asal meksiko, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Seorang warga negara asing (WNA) berinisial LJC (34) diamankan petugas Imigrasi setelah mencoba mengelabui petugas sesaat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pria asal Cina tersebut terciduk petugas imigrasi saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (10/8/2018) dini hari setelah menggunakan paspor palsu ke Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, WNA tersebut mencoba mengelabui petugas menggunakan paspor palsu untuk masuk Indonesia.

"Kemarin sekirar jam 01.30 WIB telah kita tangani WNA mendarat dengan Xianmen Air, itu berkewarganegaraan Cina. Yang bersangkutan datang ke Indonesia pada dini hari itu dengan menggunakan paspor Meksiko," ujar Enang saat dikonfirmasi, Sabtu (11/8/2018).

Menurutnya, blanko paspor Meksiko yang digunakan LJC menyerupai aslinya bahkan, kepada petugas, ia mengaku membeli paspor palsu tersebit seharga 300 Yuan atau sekira Rp 600 ribu-an.

"Sepertinya ini blanko paspornya tampak asli. Kemudian mereka melalui sindikat tertentu. Menurut pengakuan sementara dari yang bersangkutan bahwa blanko paspornya dibeli di China melalui online shop seharga 300 Yuan," jelas Enang.

PT Angkasa Pura II Berencana Akan Membangun Bandara Soekarno-Hatta II Tahun 2020

Ia melanjutkan, LJC tersebut memanfaatkan waktu dan menunggu petugas saat lengah pada dini hari.

Kebanyakan WNA yang bermasalah, jelas Enang, biasanya mencari penerbangan dini hari untuk masuk ke Indonesia menggunakan jalur ilegal.

"Kemungkinan waktu saat petugas lengah, mereka mendarat pada dini hari dimana para petugas mulai lelah sepertinya. Saat petugas lelah, mereka datang dan mencari momen-momen itu. Mereka juga datang menggunakan penerbangan lowcost," tutur Enang.

Enang menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kedutaan Cina di Jakarta, WNA ilegal itu pun akan segera dipulangkan ke negara asalnya.

"Tadi kami kerjasama dengan kedutaan besar Cina yang ada di Jakarta. Kemudian biar ranah hukumnya nanti negara Cina yang menghukum yang bersangkutan," tukas Enang.

Menurutnya, pada malam ini warga negara asing ilegal tersebut akan diterbangkan kembali ke negara asalnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved