Asian Games 2018

Total Anggaran Asian Games 2018 Mencapai Rp 7,2 Triliun

Sri Mulyani merasa senang dan puas dari anggaran Asian Games terdapat pengeluaran untuk pembayaran pajak sekitar Rp 1 triliun.

Istimewa
ASIAN Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Ketua Umum INASGOC, Erick Thohir menyebutkan total anggaran perhelatan Asian Games 2018 mencapai angka Rp 7,2 triliun.

Menurutnya, total anggaran awal Asian Games 2018 sebesar Rp 8,7 triliun dan sebagian besar anggaran tersebut berasal dari dompet negara, hanya sekira Rp 300 miliar berasal dari sponsor.

Ia menjelaskan, dalam realisasi penggunaan anggara yang mencapai Rp 7,2 triliun, sebagian sebesar Rp 1 triliun dibayarkan untuk pajak negara.

"Alhamdullilah semua on track, total dana keseluruhan itu Rp 7,2 triliun, itu sudah termasuk pajak 1 triliun. Berarti anggaran saat ini sebesar Rp 6,2 triliun," terang Erick saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (14/8/2018).

Ia menuturkan, efisiensi dana tersebut tidak akan mengurangi standar yang telah disepakati dengan Olympic Commitee Asia (OCA) dalam penyelenggaraan Asian Games yang tinggal hitungan hari.

Perjuangan Si Kembar Atlet Sepak Takraw Indonesia, Sempat Jadi Buruh Cuci Hingga Mengais Sampah

"Sesuai arahan Ibu Menkeu, kami tidak boleh menurunkan standar, tetapi kami harus menjaga uang rakyat," kata Erick.

Dikesempatan yang sama, Menteri Keuangan, Sri Mulyani merasa senang dan puas dari anggaran Asian Games terdapat pengeluaran untuk pembayaran pajak sekitar Rp 1 triliun.

"Saya sebagai menteri keuangan, menghargai pak Erick, sebagai Ketua Panitia beliau memiliki niat untuk membangun sistem penyelenggaraan terutama dari aspek pendanaan yang diurus dan diproses dengan baik," tutur Sri Mulyani.

Ia juga mengingatkan bahwa seluruh aset Asian Games 2018 yang menggunakan APBN maupun sponsor merupakan aset negara.

"Maka dari itu usai penutupan acara, panitia harus menyusun laporan pertanggungjawaban atas aset dan logistik selama acara," tegas Sri Mulyani.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved