Idul Adha 2018

Hendak Berkurban Lebaran Idul Adha Tahun Ini? Simak Larangan Untuk Orang yang Berkurban

Kamu hendak berkurban tahun ini? simak Larangan untuk orang yang berkurban saat hari raya Idul Adha 2018.

Hendak Berkurban Lebaran Idul Adha Tahun Ini? Simak Larangan Untuk Orang yang Berkurban
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Ajat Sudarjat, praktisi dokter hewan PDHI Jawa Bara V, saat memeriksa hewan kurban di Pekayon, Bekasi Selatan, Selasa (14/8/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kementerian Agama (Kemenaag) sudah mengatakan 1 Dzulhijjah 1939 H jatuh pada 12 Agustus 2018 pada waktu maghrib, malam Senin atau Ahad Sore. menandakan 10 Dzulhijjah 1939 H atau perayaan hari raya Idul Adha 2018 jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018.

Hari Raya Idul Adha adalah diperingatinya peristiwa kurban, dimana peristiwa itu terjadi ketika Nabi Ibrahim AS bersedia mengorbankan putranya untuk disembelih oleh Allah SWT, kemudian ia menggantinya dengan seekor domba.

Melansir dari berbagai sumber, terdapat tata cara berkurban yaitu larangan untuk orang yang berkurban di hari raya Idul Adha.

Seseorang yang hendak berkurban dilarang untuk memotong kuku dan rambutnya ketika sudah memasuki tanggal 1 Dzulhijjah sampai hewan kurbannya disembelih.

Hadist Ummu Salamah dari Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda.

مَن كانَ لَهُ ذِبحٌ يَذبَـحُه فَإِذَا أَهَلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

"Barangsiapa yang telah memiliki hewan yang hendak diqurbankan, apabila telah masuk tanggal 1 Dzulhijjah, maka janganlah dia memotong sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya hingga dia selesai menyembelih.” (HR. Muslim 5236, Abu Daud 2793, dan yang lainnya).

Sedangkan redaksi hadits Abu Daud, Muslim dan Nasa’i adalah

من كان له ذِبح يذبحه فإذا أهل هلال ذي الحجة فلا يأخذنَّ من شعره ومن أظفاره شيئاً حتى يضحي

“Barang siapa yang mempunyai hewan untuk disembelih, jika hilal Dzul Hijjah muncul maka janganlah mencukur rambut dan kukunya sedikitpun sampai ia menyembelihnya”.

Larangan tersebut ditunjukkan untuk shohibul kurban bukan rambut dan kuku hewan kurban.

Halaman
12
Penulis: Ilusi
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved