Bendera Merah Putih Raksasa Sepanjang 100 Meter Berkibar di Kampung Terluar Indonesia

Kampung Mutimanggi sendiri merupakan salah satu kampung persiapan yang terletak di wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini

Bendera Merah Putih Raksasa Sepanjang 100 Meter Berkibar di Kampung Terluar Indonesia
ISTIMEWA
Kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa sepanjang 100 meter di kampung Mutimanggi, Papua oleh satgas yonif 323 Kostrad bersama warga setempat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, MERAUKE - Menjelang HUT ke-73 Republik Indonesia tahun 2018, berbagai kegiatan marak dilakukan oleh Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad bersama masyarakat di perbatasan, khususnya di wilayah Merauke dan Boven Digoel, Papua.

Satu diantaranya yang dilakukan adalah mengibarkan bendera berukuran raksasa yang dilaksanakan oleh anggota di Pos Rawa Bastop bersama mayarakat Mutimanggi Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel, Kamis (16/8/2018)

Pengibaran bendera raksasa berukuran 100 meter ini merupakan pertama kalinya yang diawali dari ketinggian menuju pemukiman Kampung Mutimanggi dengan melibatkan masyarakat dan personel pos Rawa Bastop.

Kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa sepanjang 100 meter di kampung Mutimanggi, Papua oleh satgas yonif 323 Kostrad bersama warga setempat.
Kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa sepanjang 100 meter di kampung Mutimanggi, Papua oleh satgas yonif 323 Kostrad bersama warga setempat. (ISTIMEWA)

Kampung Mutimanggi sendiri merupakan salah satu kampung persiapan yang terletak di wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan wilayah Negara Papua Nugini.

Kegiatan pengibaran bendera raksasa tersebut dipimpin oleh komandan pos Rawa Bastop Lettu Inf Didik Purwanta.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Distrik Jair, Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Boven Digoel, perwakilan PT Inocin serta tokoh adat dan masyarakat.

Komandan satgas Yonif Raider 323 Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina pun memimpin acara penyerahan bendera berukuran raksasa kepada kepala distrik Jair, Yustisianus Wiwaron.

"kegiatan ini dilaksanakan untuk memupuk jiwa nasionalisme serta menumbuhkan rasa patriotisme untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah," ujar Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina dalam keterangan tertulisnya Kamis (16/8/2018).

Tak hanya itu, kegiatan ini diakhiri dengan pengibaran bendera merah putih di atas perairan rawa yang dikibarkan oleh pemudi kampung Mutimanggi dengan menggunakan kole-kole perahu khas warga Papua.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved