HUT Kemerdekaan RI

Linto Baro dan Koto Gadang, Pakaian Adat Presiden Jokowi dan Iriana di HUT Kemerdekaan

Pakaian adat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyita perhatian. Dari mana pakaian adat itu dan apa maknanya?

Editor: Y Gustaman
Istimewa
Presiden Joko Widodo berjalan bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra, menuruni anak tangga Istana Merdeka, Jakarta. Jumat (17/8/2018). Tampak Presiden Jokowi memakai pakaian adat Aceh. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Presiden Republik indonesia Joko Widodo tampil beda di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jumat (17/8) pagi. 

Pakaian adat Aceh, Linto Baro, menjadi pilihan Presiden Jokowi. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian adat Minangkabau, Sumatera Barat.

Sebelum mengikuti upacara, wartawan sempat bertanya kepada Presiden Jokowi kenapa menjatuhkan pilihannya untuk memakai pakaian adat Aceh.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Indonesia sebagai negara yang memiliki adat dan tradisi yang begitu banyak, tak terkecuali pakaian adatnya. 

"Ini karena banyak pilihan-pilihan dan yang dipakai ya ini,” kata Presiden Jokowi.

Seperti tahun lalu ada pembagian sepeda kepada mereka yang baik dalam berpakaian adat, untuk tahun ini Presiden Jokowi hanya berkata pendek saat disinggung wartawan. 

“Nantilah,” ucap dia seperti dilansir situs http://setkab.go.id.

Presiden Jokowi berharap pada Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, segenap bangsa dan rakyat Indonesia harus optimistis, semangat membangun kerukunan, membangun persatuan, dan kesatuan.

“Saya kira kita harus memberikan porsi yang lebih banyak pada kerukunan, pada persatuan, pada kesatuan karena stabilitas politik," ucap dia.

"Stabilitas keamanan itu merupakan modal yang paling fundamental dalam kita membangun negara ini,” dia menambahkan. 

Soal pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi, Tribunnews.com mencoba mencari tahu rinciannya dari adat-tradisional.blogspot.com. 

Berikut penjelasan lengkapnya.

Linto Baro merupakan pakaian adat Aceh yang diperuntukkan untuk pria dewasa.

Busana ini biasanya digunakan untuk upacara adat atau pun pemerintahan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved