Asep Maralih, Tukang Parkir yang Cacat Tangan Namun Serba Bisa Mengatur Lalu Lintas

"Sudah lama saya mah. Ada sudah enam tahun. Sebelumnya saya di pabrik. Tapi karena gajinya enggak jelas saya keluar. Saya juga pernah bangun rumah,"{

Asep Maralih, Tukang Parkir yang Cacat Tangan Namun Serba Bisa Mengatur Lalu Lintas
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Asep Maralih, tukang parkir di Jalan Bukit Indah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (19/8/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Lalu lintas hari Minggu ini (19/8/2018), terpantau berbeda dari biasanya. Ciputat yang karib dikenal padat pada akhir pekan, kini sebaliknya.

Hal itu terlihat jelas di Jalan Bukit Indah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Jalan dua jalur yang masing-masingnya hanya memiliki satu lajur itu terpantau sepi. Tak banyak kendaraan yang lalu lalang.

Setidaknya hal itu yang baru saja diungkapkan Asep Maralih, pengatur lalu lintas, atau yang lebih sering disebut tukang parkir, di pertigaan menuju Gang Tupang 3.

Tukang parkir penjaga Gang Tupang itu terlihat berbeda. Maralih terlahir dengan kondisi tangan buntung sebagian. Meski begitu, kedua tangan itu yang menjadi senjata utamanya dalam memarkir.

Saat ada pengendara mobil yang hendak belok ke arah Gang Tupang, ia sigap melihat arah lain, dan menyetop pengendara lain dari arah berlawanan dengan mengangkat tangannya, agar si pengendara mobil bisa masuk gang tanpa menghambat arus lalu lintas.

Meski tangannya hanya sampai siku dan tak memiliki jari, namun ia seperti tak memiliki keterbatasan, alias serba bisa.

Saat diwawancarai TribunJakarta.com, ia santai menceritakan dirinya sambil merokok dan sesekali meminum air mineral kemasan gelas yang ada di sampingnya.

Rokok yang sudah dibakar itu seperti menempel di lengan kanannya. Namun saat hendak diisap tangan kirinya akan membantu mengapit dan diarahkan ke mulut pria yang masih lajang itu.

Begitu juga saat Maralih meminum air mineral kemasan gelasnya. Ia mengapitnya pakai kedua tangan.

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved