Idul Adha 2018

Lahan Terbatas Jadi Alasan Pedagang Hewan Kurban Berjualan di Atas Trotoar

enjelang Idul Adha, pedagang musiman sudah mulai menjajakan hewan kurban dagangannya sejak akhir bulan lalu.

Lahan Terbatas Jadi Alasan Pedagang Hewan Kurban Berjualan di Atas Trotoar
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Sejumlah hewan kurban yang dijajakan di atas trotoar yang terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Senin (20/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Menjelang Idul Adha, pedagang musiman sudah mulai menjajakan hewan kurban dagangannya sejak akhir bulan lalu.

Memanfaatkan sejumlah lahan kosong, mereka mengubahnya menjadi kandang bagi sapi dan kambing yang mereka jual.

Meski telah mendapat larangan dari Pemprov DKI Jakarta, namun beberapa pedagang yang tak mendapatkan lahan untuk membuat kandang bagi hewan kurban yang dijualnya nekat memanfaatkan trotar untuk menjajakan dagangan mereka.

Seperti yang terlihat di beberapa wilayah di Jakarta Timur, seperti di Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Raya Penggilingan.

Pantauan TribunJakarta.com, beberapa pedagang masih menempatkan hewan kurbannya di atas trotoar maupun di atas selokan.

Tentu, hal ini sangat menggangu kenyamanan bagi pejalan kaki yang ingin melintas, selain karena menimbulkan bau tak sedap, juga membuat trotoar terlihat kotor.

Sejumlah hewan kurban yang dijajakan di atas trotoar yang terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Senin (20/8/2018).
Sejumlah hewan kurban yang dijajakan di atas trotoar yang terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Senin (20/8/2018). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Satu dari beberapa pedagang mencoba berkilah bahwa hewan kurban yang berada di atas trotoar merupakan hewan yang baru saja di cat, tanda hewan tersebut sudah laku terjual.

"Yang di atas trotoar itu hanya sementara saja kami taruh disana, itu baru kami kasih nomor, jadi dijemur dulu," ucap Somad, pedagang yanh ditemui TribunJakarta.com di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Senin (20/8/2018).

Bahkan, ia mengaku telah mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk para pedagang hewan korban musiman.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved