HUT Kemerdekaan RI

Reaksi Joni Dengar Mendikbud Samakan Aksinya Panjat Tiang Bendera dengan Peristiwa 10 November 1945

Sepanjang Muhadjir memberikan sambutan, Joni yang mendengar pujian Muhadjir melontarkan senyumannya.

Reaksi Joni Dengar Mendikbud Samakan Aksinya Panjat Tiang Bendera dengan Peristiwa 10 November 1945
TribunJakarta.com/Suci Febriastuti
Yohanes Ande Kala atau Joni bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, SENAYAN - Yohanes Ande Kala atau dikenal dengan Joni bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018) pagi ini.

Di ruang rapat Kemendikbud, Joni duduk dihadapan Muhadjir sambil melipat tangannya di atas meja menujukkan posisi duduk rapi yang biasa dilakukan anak sekolah.

Dalam sambutannya, Muhadjir mengapresiasi tindakan Joni yang nekat memanjat tiang bendera saat talinya putus ketika hendak mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT RI ke-73.

"Saya sangat apresiasi khususnya atas tindakan nekat Joni. Nekat dalam arti yang postif. Secara simbolik kan tentu patriotisme jaman now," kata Muhadjir di kantornya pada Senin (20/8/2018).

Muhadjir pun menyamakan tindakan Joni sama seperti peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur, dimana sekelompok pemuda Indonesia merobek bagian biru Bendera Belanda sehingga menjadi Bendera merah putih.

"Dimana ketika bendera merah putih dikibarkan bermasalah, secara simbolik itu maknanya sama ketika ada peristiwa Surabaya 10 November ketika ada anak muda bendera merah putih biru kemudian dia sobek birunya. Kemudian dikibarkan bendera merah putih dengan setting peristiwa yang berbeda saja," jelas Muhadjir.

Cerita Suporter Wanita Asal Bintaro Rela Beli Tiket Lebih Mahal Laga Timnas Indonesia Vs Hongkong

Timnas U-23 Indonesia Vs Hong Kong: Kuasai Lini Tengah, Kerja Sama Tim dan Dukungan Suporter

Pria Ini Rela Datang dari Lampung untuk Saksikan Pertandingan Basket di GBK

Sepanjang Muhadjir memberikan sambutan, Joni yang mendengar pujian Muhadjir melontarkan senyumannya.

Di akhir pertemuan, Muhadjir memberikan beberapa bingkisan berupa alat sekolah, poster Joni yang ia tanda-tangani hingga mendapatkan laptop.

Selain itu, Muhadjir juga berjanji akan memberikan beasiswa hingga Joni lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved