Gempa Lombok Utara

BNPB Catat Terjadi 1.005 Gempa di NTB Selama Periode 5 Hingga 21 Agustus 2018

"Dari gempa besar di tanggal 5 Agustus hingga sebelum gempa berkekuatan 6,9 skala richter pada tanggal 19 Agustus malam, ada 825 gempa," kata Sutopo

BNPB Catat Terjadi 1.005 Gempa di NTB Selama Periode 5 Hingga 21 Agustus 2018
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat menemui awak media di Graha BNPB, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, selama periode 5 Agustus hingga 21 Agustus 2018 setidaknya terjadi 1.005 gempa di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Dari gempa besar di tanggal 5 Agustus hingga sebelum gempa berkekuatan 6,9 skala richter pada tanggal 19 Agustus malam, ada 825 gempa, setelah itu sampai pukul 10.00 WIB tadi sudah terjadi 180 gempa susulan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (21/8/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, akibat gempa susulan yang hingga kini terus terjadi, sebagian besar masyarakat NTB mengalami trauma yang cukup mendalam.

Saat ini, warga lebih memilih mendirikan tenda-tenda pengungsian di depan rumah mereka lantaran trauma dengan kejadian gempa yang tak kunjung usai.

"Masyarakat makin trauma, sehingga banyak warga yang lebih memilih tinggal di tenda yang didirikan di halaman depan rumahnya," ujar Sutopo di Graha BNPB, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur.

Koleksi 11 Medali: Indonesia Tambah Medali dari Cabang Angkat Besi, Wushu dan Badminton

"Padahal rumahnya masih cukup bagus," tambahnya.

Hal ini berdampak pada semakin meningkatnya kebutuhan akan terpal dan tenda di sejumlah desa-desa di NTB.

Sementara itu, untuk kebutuhan pokok seperti makanan siap saja, masyarakat sudah mulai dapat mengatasinya.

"Saat ini keluhan warga itu kebutuhan akan terpal, sementara kebutuhan makanan terjadi penurunan karena masyarakat sudah dapat mengantisipasinya," ucap Sutopo.

Indonesia Vs Hong Kong 3-1: Keributan, Kartu Kuning, Lilipaly Jadi Bintang Hingga Skenario ke Final

Seperti diketahui, sejak tanggal 29 Juli 2018, terjadi beberapa gempa besar di wilayah NTB, khususnya di daerah Lombok.

Tercatat ada empat gempa besar yang terjadi, yaitu pada tanggal 29 Juli dengan kekuatan 6,4 skala richter, tanggal 5 Agustus dengan kekutan 7 skala richter, dan tanggal 19 Agustus terjadi dua kali gempa berkekuatan 6,5 skala richter serta 6,9 skala richter.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved