Kemenag Tangsel Tak Masalah Sebagian Warga Rayakan Idul Adha Tak Sesuai Ketetapan pemerintah

Rojak menuturkan, pemilihan hari Idul Adha menyangkut pendapat hukum fikih

Kemenag Tangsel Tak Masalah Sebagian Warga Rayakan Idul Adha Tak Sesuai Ketetapan pemerintah
surabaya.tribunnews
Ilustrasi Salat Idul Adha. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama sudah menetapkan Idul Adha 2018 Masehi atau 1439 Hijriah jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018.

Namun ada juga sebagian warga Tangerang Selatan (Tangsel), yang akan merayakan hari raya Idul Adha, pada Selasa (21/8/2018).

Berdasarkan keterangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Tangsel, Abdul Rojak, menyebut mereka yang Idul Adha pada tanggal 21 Agustus 2018, itu mengikuti ketetapan pemerintah Arab Saudi.

"Ada masyarakat Tangsel yang melaksanakan sholat Idul Adha pada esok hari mengikuti ketetapan di Arab Saudi."

Stefano Lilipaly dan Febri Hariyadi Sukses Bikin Repot Timnas Hong Kong

Timnas U-23 Indonesia Hadapi Uni Emirat Arab di Fase Gugur

"Ya silakan bagi masyarakat Indonesia, masyarakat Tangsel khususnya yang mau melaksanakan Idul Adha besok hari juga silakan. Cuma dia tidak mengikuti kebijakan pemerintah, tapi dia mengikuti keputusan Arab Saudi," ujarnya saat dihubungi awak media Senin (20/8/2018).

Rojak menuturkan, pemilihan hari Idul Adha menyangkut pendapat hukum fikih.

Baginya, hal itu sah saja diikuti masing-masing keyakinannya, meskipun hal itu berarti tak mengikuti kesepakatan yang sudah ditetapkan pemerintah nersama sejumlah organisasi masyarakat Islam.

"Tidak ada, karena ini menyangkut perbedaan pendapat hukum, perbedaan kesimpulan hukum fikih, jadi pada dasarnya semuanya boleh, legal. Cuma kan sudah ada kesepakatan, pemerintah, ormas Islam itu kan sudah menyepakati keputusannya, itu keputusan yang harus diikuti," ujarnya.

"Dari sisi astronomi jelas-jelas ada perbedaan antara Indonesia dan Arab Saudi, dari sisi waktu, demografis, geografis. Cuma itu saja sih," tutupnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved