Breaking News:

Ketika Trump Sebut Negeri Tirai Bambu Biang Kegagalan Kunjungan ke Korut, Ini Tanggapan China

Namun, sepanjang dua bulan terakhir, terdapat berbagai laporan negara komunis tersebut tak mengendurkan pengembangan program senjata mereka.

thehill.com
Donald Trump 

TRIBUNJAKARTA.COM - China mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyebut mereka biang kegagalan kunjungan ke Korea Utara (Korut).

Dilansir AFP Sabtu (25/8/2018), juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang mengatakan ucapan Trump sangat tak bertanggung jawab.

"Perkataan Trump tak sesuai fakta yang ada. Kami memperhatikan dengan serius isu yang dia lontarkan," kata Liu dalam pernyataan yang diunggah ke internet.

Sebelumnya dalam kicauan di Twitter, Trump meminta Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk membatalkan kunjungan ke Korut.

Sebabnya, presiden 72 tahun tersebut merasa mereka tidak membuat kemajuan dalam proses denuklirissi di Semenanjung Korea.

Selain itu, Trump juga melihat bahwa Negeri "Panda" tak memberikan tekanan berarti kepada Korut untuk melucuti nuklirnya.

"Semua itu berkat masalah perdagangan yang kami hadapi dengan China," ujar presiden ke-45 dalam sejarah AS tersebut.

Trump menulis bahwa Pompeo bakal berkunjung ke Korut setelah mereka menyelesaikan perang dagang dengan China.

Ketika bertemu dengan Kim di Singapura (12/8/2018), Trump mengatakan bahwa Korut sudah tidak lagi memberikan ancaman nuklir.

Namun, sepanjang dua bulan terakhir, terdapat berbagai laporan negara komunis tersebut tak mengendurkan pengembangan program senjata mereka.

Salah satu yang paling menjadi sorotan adalah laporan dari seorang pejabat anonim bahwa Pyongyang mengembangkan rudal balistik.

Terbaru, badan pengawas nuklir PBB memberikan laporan bahwa Korut masih terus mengoperasikan fasilitas nuklir di Yongbyon.

Kementerian Luar Negeri tidak memberikan tanggapan. Namun, diduga Pompeo sudah berada di Pyongyang selama beberapa jam sebelum twit itu keluar.

Kunjungan yang dibatalkan tersebut bakal menjadi agenda keempat yang dilakoni mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu di Korut

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: China Meradang Disebut Trump Biang Kegagalan Kunjungan ke Korut

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved