MotoGP

Aspal Sirkuit Silverstone Bermasalah Bakal Diselidiki, Penyebab MotoGP Inggris Batal

Tak hanya faktor hujan sebagai penyebab batalnya gelaran MotoGP Inggris tapi juga penggunaan aspal baru di Sirkuit Silverstone.

Aspal Sirkuit Silverstone Bermasalah Bakal Diselidiki, Penyebab MotoGP Inggris Batal
twitter/speedweek
Hujan deras di sirkuit silverstones, Inggris, Minggu (26/8/2018) 

TRIBUNJAKARTA.COM, SILVERSTONE - Tak hanya faktor hujan sebagai penyebab batalnya gelaran MotoGP Inggris tapi juga penggunaan aspal baru di Sirkuit Silverstone.

Hal ini menjadi kemelut bagi sebagian pebalap hingga akhirnya memicu Safety Officer FIM Franco Uncini, akan melakukan investigasi.

Menurut Uncini, penyelidikan dilakukan untuk mengetahui apa masalah sebenarnya yang membuat genangan air pada lintasan Silverstone tidak memiliki sistem drainase yang baik, selain itu juga sekaligus untuk mencari solusi ke depannya.

"Waktu penyelidikan akan memakan waktu enam minggu untuk membongkar masalah sebenarnya. Kami akan menunggu untuk mengetahui persis apa alasannya," ucap Uncini dilansir dari Crash.net, Senin (27/8/2018).

Sebelumnya, pembatalan balap MotoGP memicu berbagai pertanyaan, namun kondisi ini akhirnya dijawab oleh Direktur Balap MotoGP Mike Webb, yang menjelaskan bila aspal baru tidak memiliki sistem drainase yang memadai sehingga menimbulkan genangan air yang berbahaya bagi keselamatan para pebalap.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menjalankan balap, namun karena genangan air saat hujan lebat kami menyatakan sirkuit tidak aman. Air tidak bisa menggalir dan terjadi genangan. Pilihan terakhir kami membatalkan acara, keselamatan tetap menjadi prioritas," ujar Webb.

Webb juga mengatakan, sebelumnya dalam kondisi basah pertarungan MotoGP di Sirkuit Silverstone pernah digelar tanpa ada masalah saat menggunakan aspal lama.

Namun karena adanya gundukan pada permukaan aspal di beberapa sektor, akhirnya ditangani dengan lapisan baru yang nyatanya membuat masalah pada sistem drainasenya.

"Kami telah memiliki sejumlah pengalaman menggelar balap pada lintasan basah di Silverstone. Untuk tahun ini dengan permukaan aspal baru, ini ada adalah pertama kalinya kami memiliki begitu banyak genangan air," ucap Webb.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: MotoGP Inggris Batal, Sirkuit Silverstone Diperiksa

Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved