Breaking News:

Sosok Masinis Perempuan LRT Jakarta, Mirantika Kusuma Dewi: Saya Merasa Terhormat

Kereta Cepat Ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Jakarta memiliki enam masinis perempuan yang sudah mengoperasikan kereta ringan pertama di Jakarta.

TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI
Mirantika Kusuma Dewi seorang Masinis Perempuan Kereta Light Rapid Transit (LRT) Jakarta. TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Kereta Cepat Ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Jakarta memiliki enam masinis perempuan yang sudah mengoperasikan kereta ringan pertama di Jakarta.

Perempuan saat ini, bisa menjadi apapun yang mereka inginkan asalkan kemampuannya memumpuni, satu di antaranya masinis perempuan LRT Jakarta yaitu, Mirantika Kusuma Dewi.

"Kita total ada 25 masinis untuk yang nanti beroperasi di LRT Jakarta dan terdiri dari enam masinis wanita, selebihnya pria semua dan lima diantaranya adalah masinis senior," cerita Mirantika saat ditemui di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, beberapa waktu yang lalu.

Perempuan kelahiran Bekasi, Jawa Barat 3 Maret 1995 dan berusia 23 tahun, ia sudah berhasil menjadi masinis untuk mengoperasikan kereta ringan pertama di Jakarta yang ditujukan guna mendukung perhelatan Asian Games 2018.

Setelah lulus dari Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, Jawa Timur, Mirantika langsung tertarik untuk bisa menjadi masinis di LRT Jakarta.

Menurutnya, hal tersebut akan tercatat dan dan menjadi bagian dari sejarah dikarenakan LRT Jakarta adalah kereta ringan pertama yang akan beroperasi di Jakarta.

"Di Indonesia ini kan baru ada , kayak MRT dan LRT kan baru. Excited sihya, apalagi ini ini transportasi baru di Indonesia. Apalagi kan kita operasinya kan baru yah," kata Mirantika.

Meskipun demikian, Mirantika mengatakan bukan hal mudah untuk bisa meraih posisinya saat ini.

Sebab ia harus mengikuti proses seleksi ketat untuk mendapatkan sertifikasi dari Dirjen Perkeretaapian Republik Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved