Antisipasi Kedaluwarsa, Orangtua Harus Perhatikan Tiga Hal Pada Susu Kemasan

Ada tiga hal yang diperhatikan orangtua ketika memilih susu kemasan agar tak membuat si anak mengkonsumsi susu yang kedaluwarsa.

Antisipasi Kedaluwarsa, Orangtua Harus Perhatikan Tiga Hal Pada Susu Kemasan
Net
Ilustrasi masa berlaku produk 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Dinas Kesehatan Tangerang Selatan mengimbau kepada setiap orangtua atau masyarakat yang mengonsumsi susu kemasan.

Langkah ini dilakukan menanggapi kasus susu kedaluwarsa yang dikonsumsi puluhan siswa sekolah dasar di Ciputat, sehingga mereka mengalami mual dan muntah-muntah.

Dinkes Tangsel menyampaikan tiga hal yang harus diperhatikan orangtua saat membeli susu kemasan agar terhindar dari kedaluwarsa atau kualitas yang sudah tak bagus.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Tangsel, Tulus Muladiono, hal pertama yang dilakukan adalah mengecek tanggal kedaluwarsa.

"Paling kita bisa lihat jelas, tanggal kedaluwarsa. Kalau sudah lewat atau sudah dekat, lebih baik tidak usah dikonsumsi," ujar Tulus kepada TribunJakarta.com pada Minggu (2/9/2018).

Tulus menyebut, selain tanggal kedaluwarsa, pastikan kemasan dalam kondisi sempurna.

"Lihat juga kemasan. Kemasan itu masih baik atau tidak," beber dia. 

Setelah dua hal pada kemasan di atas, Tulus menyarankan untuk mencium bau susu dan memperhatikan bentuknya.

"Kalau baunya sudah tidak enak, tidak usah diminum. Lihat juga bentuknya. Jika sudah agak mengental atau ada yang menggumpal, tidak usah diminum," terang Tulus. 

Paling tidak, tiga hal itu dapat dilakukan untuk mengantisipasi anak atau masyarakat mengonsumsi susu kemasan yang sudah dalam kondisi tidak bagus.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved