Asian Games 2018

Baru Dipasang Seminggu, Rumput GBK Ditutup Panggung Closing Ceremony Asian Games

Kepala Unit Stadion Utama Gelora Bung Karno, Mulyani, mengatakan rumput di SUGBK Senayan, Jakarta Pusat, terbaik di dunia.

Penulis: Suci Febriastuti | Editor: Y Gustaman
TRIBUNNEWS
Pesta kembang api memeriahkan pembukaan Asian Games ke 18 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018). Sebanyak 45 negara peserta Asian Games akan bertanding pada 40 cabang olahraga hingga 2 September mendatang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, SENAYAN - Kepala Unit Stadion Utama Gelora Bung Karno, Mulyani, mengatakan rumput di SUGBK Senayan, Jakarta Pusat, terbaik di dunia.

Untuk jenis rumput yang dipakai di SUGBK saat ini yaitu Zeon Zoysia.

"Ini rumput terbaik di dunia. Nursery-nya dari Thailand dan juga sudah mendapat lisensi dari Amerika," kata Mulyani di lokasi pada Sabtu (1/9/2018).

Mulyani mengungkapkan rumput ini baru dipasang seminggu yang lalu setelah panggung opening ceremony Asian Games dibongkar. 

Ia mengatakan dipasangnya rumput tersebut karena SUGBK digunakan sebagai venue atletik dan rumput yang harus digunakan harus alami, bukan sintetik.

Rumput ini kembali ditutup menggunakan armordeck agar set up panggung untuk acara penutupan Asian Games ke-18 pada Minggu (2/9/2018) dapat dilakukan.

"Itu kemarin tanggal 30 selesai (pertandingan atletik) terus kita jam 22.00 WIB mereka kemas-kemas lalu jam 00.00 WIB ditutup sisi timurnya dengan armordeck untuk pemasangan panggung," kata dia.

Ia mengatakan penutupan rumput karena digunakan untuk set up panggung cukup beresiko bagi pertumbuhan rumput tersebut.

Namun ia mengatakan penutupan armordek selama dua hari masih dirasa aman, yaitu waktu sejak panggung mulai dibangun hingga dibongkar.

"Saat ini seandainya ada risiko yang agak mungkin kuning adalah sisi timur. Tapi sebenarnya armordeck dilakukan pada hari itu masih aman," kata dia.

Sebelum dipasang armordeck ada caranya supaya rumput itu tidur, yaitu dengan melakukan pemupukan dan dilakukan menggunakan mesin untuk mempercepat pekerjaan.

"Closing kali ini lebih simpel panggungnya karena dikerjakan hanya dalam waktu dua hari. Begitu closing selesai nanti akan mulai langsung dibongkar. Rumput baru dipasang satu minggu langsung ditutup nah nanti bisa lihat bagaimana progresnya," tukasnya.

Untuk diketahui, bahwa pada acara pembukaan Asian Games ke-18 rumput yang ada di SUGBK sebelumnya digulung dan dipindahkan ke bekas venue Hokey.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved