2 Alasan Jokowi-Maruf Amin Unggul di Kalangan Pengguna Media Sosial

"Angka kepuasan terhadap Jokowi dari para pengguna media sosial, berada di angka 67,9 persen, dan 29,2 persen menyatakan tidak puas," ujar Ardian Sopa

TribunJakarta/Nawir Arsyad Akbar
Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, menyampaikan hasil surveinya, di Graha Dua Rajawali, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (5/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, memaparkan hasil surveinya, bahwa pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di kalangan pengguna media sosial Indonesia.

Dalam hasil surveinya, angka elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin berada di angka 48,3 persen. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berada di angka 39,5 persen.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa mengatakan terdapat dua alasan mengapa Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di kalangan pengguna media sosial.

"Pertama, pengguna medsos secara umun lebih terinformasi dan lebih kritis terhadap kekuasaan. Dilihat dari data semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin banyak pengguna medsos," ujar Ardian Sopa, Rabu (5/9/2018).

Kedua, ketidakpuasan pengguna media sosial terhadap Jokowi lebih kecil, dibandingkan yang tidak menggunakan media sosial.

"Angka kepuasan terhadap Jokowi dari para pengguna media sosial, berada di angka 67,9 persen, dan 29,2 persen menyatakan tidak puas," ujar Ardian Sopa.

Polisi Gagalkan Penyelundupan 3 Paket Sabu Berbungkus Makanan Ringan di Lapas Tangerang

Dalam proses surveinya, LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 1.200.

LSI Denny JA memakai teknik wawancara tatap muka responden dan menggunakan kuisoner, dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen. Dilengkapi FGD, analisis media, dan Indepth Interview.

Dari kalangan pengguna Facebook, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di angka 41,6 persen, dibandingkan Prabowo-Sandiaga Uno di angka 39,4 persen.

Namun di kalangan pengguna Instagram dan Twitter, pasangan Prabowo-Sandiaga Uno unggul 42,0 persen : 40,0 persen dan 40,9 persen : 34,4 persen.

Meski begitu, secara keseluruhan dari semua jenis media sosial, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo-Sandiaga Uno, dengan persentase 48,3 persen : 39,5 persen.

"Dari data ini bisa kita lihat, secara keseluruhan Jokowi-Ma'ruf (Amin) unggul. Untuk pengguna medsos," ujar Ardian Sopa.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved