Pengakuan Penjual Buku di Jatinegara: Generasi Muda Sekarang Tidak Gemar Membaca Buku

Meski begitu, para penjual buku yang berada di kawasan Jatinegara hingga saat ini masih bertahan. Karena masih banyak mahasiswa yang datang.

Pengakuan Penjual Buku di Jatinegara: Generasi Muda Sekarang Tidak Gemar Membaca Buku
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Penjual buku yang biasa berjualan di kawasan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Minat membaca buku pada masyarakat Indonesia saat ini, dapat dikatakan sebagai satu diantara yang terendah, dibandingkan dengan negara lain.

Hal tersebut pun diamini oleh para penjual buku bekas, yang biasa membuka lapak dagangannya di sekitar Pasar Jatinegara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut mereka, kurangnya minat membaca buku pada masyarakat, khususnya generasi muda dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Tidak dimana-mana sekarang anak muda bawaannya handphone terus. Seperti tidak busa lepas, dan cuma terpaku ke handphonenya saja," ujar Lubis, penjual buku bekas, Rabu (5/9/2018).

Danang, seorang penjual buku yang tak jauh dari tempat berjualan Lubis juga mengatakan hal yang serupa, di mana handphone sudah seperti barang yang amat penting bagi kehidupannya.

Ia juga mengeluhkan sikap beberapa sekolah, yang kini justru mengizinkan siswanya untuk membawa handphone ke tempat mengenyam pendidikan.

"Kalau dibawa boleh, tapi dimaininnya saat pulang sekolah aja, kan untuk telepon orangtua untuk jemput. Lah sekarang, pas istirahat boleh main handphone," ujar Danang.

Meski begitu, para penjual buku yang berada di kawasan Jatinegara hingga saat ini masih bertahan.

Karena masih banyaknya generasi muda, khusunya mahasiswa yang mencari buku ke tempat tersebut.

"Anak kuliahan emang biasanya yang sering beli buku di sini. Kebanyakan cari novel yang udah tidak diterbitkan lagi di toko buku," ujar Lubis.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved