Breaking News:

Rupiah Melemah, Warga Berbondong-bondong Datangi Money Changer untuk Jual Dolar

Menurut Ucu, untuk nilai transaksi penukaran uang di hari ini sampai Pukul 16.00 WIB saja tercatat sudah mencapai ratusan juta rupiah

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Masyarakat sedang menukarkan uang dolar Amerika Serikat di Money Changer yang ada di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMANSARI - Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat membuat aktivitas di Money Changer atau tempat penukaran uang menjadi lebih sibuk.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan hal ini dengan menjual dolar mereka di Money Changer untuk mendapatkan keuntungan.

Satu diantaranya seperti yang terlihat di beberapa Money Changer yang ada di kawasan Jalan Gajah Mada, Tamansari, Jakarta Barat.

Di Dolarindo Money Changer misalnya, terlihat beberapa orang yang sedang menunggu antrean untuk menukarkan uang dolar miliknya.

"Saya mau jual dolar karena memang sekarang kan sedang naik. ‎Jadinya lebih dapat untung," ujar Andri yang ingin menukar 5.000 Dolar Amerika Serikat miliknya, Rabu (5/9/2018).

Supervisor Dolarindo Money Changer, Ucu Suryani membenarkan jika saat ini masyarakat yang ingin menukar uang di tempatnya meningkat sampai  40%.

Lima Tahanan DPRD Malang yang Dititipkan di Polres Metro Jakarta Selatan Ditempatkan di Ruang Khusus

Dikatakannya, kenaikan pengunjung mulai terjadi sejak beberapa hari lalu atau saat nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sudah semakin mendekati angka Rp 15 ribu.

‎"Sudah hampir seminggu ini memang mulai meningkat masyarakat yang menjual dolar, namun mulai semakin meningkat sejak hari Senin lalu," kata Ucu.

Menurut Ucu, untuk nilai transaksi penukaran uang di hari ini sampai Pukul 16.00 WIB saja tercatat sudah mencapai ratusan juta rupiah.

"‎Hari ini sudah mencapai ratusan juta ya untuk total transaksinya," kata Ucu.

Meski banyak masyarakat yang menukarkan uang dolarnya, Ucu memastikan tidak pernah membatasi nominal uang yang ingin ditukar ditempatnya.

‎"Disini sih enggak pernah membatasi ya. Karena  rata-rata masyarakat menukarkan uangnya juga masih tahap wajar ya sekitar 5.000-15.000 Dolar Amerika Serikat," kata Ucu.

Peningkatan jumlah penukar dolar juga diakui karyawan Money Changer Dolar Asia yang masih berada di Jalan Gajah Mada.

"Iya memang ada peningkatan ya kalau yang mau jual dolarnya sejak beberapa hari ini. Karena itu memang wajar setiap Rupiah melemah pasti jadi lebih banyak yang mau jual dolarnya," ujar karyawan di tempat tersebut yang enggan disebutkan namanya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved