Terlilit Utang, Eks Pegawai Honorer Kementerian Tipu Pemilik Rental dengan Menggadai Mobil Sewaan

Di hadapan penyidik Sat Reskrim Polsek Sawangan, MF berdalih terpaksa menipu karena terlilit utang mobil sewaan yang juga digadaikannya.

Terlilit Utang, Eks Pegawai Honorer Kementerian Tipu Pemilik Rental dengan Menggadai Mobil Sewaan
ISTIMEWA
Ilustrasi tahanan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, SAWANGAN - Bekas pegawai honorer satu Kementerian MF (27) harus berurusan dengan polisi karena terbukti menggadaikan sejumlah mobil yang disewa dari beberapa pengusaha rental mobil.

Kapolsek Sawangan Kompol Suprasetyo mengatakan MF berhasil diringkus setelah dua pemilik rental Ida Bagus Nandoko (48) dan Rahmat Andre (48) yang menjadi korban melapor ke Polsek Sawangan.

MF yang diduga telah menipu empati pemilik rental mobil dicokok di toko Pet Shop miliknya kawasan Lebak Wangi Kabupaten Bogor pada Kamis (6/9/2018).

"Dia mengaku sebagai pegawai honorer salah satu Kementerian di Jakarta dengan alasan mobil akan digunakan untuk acara pada Asian Games kemarin," kata Suprasetyo kepada wartawan di Sawangan, Depok, Sabtu (8/9/2018).

Di hadapan penyidik Sat Reskrim Polsek Sawangan, MF berdalih terpaksa menipu karena terlilit utang mobil sewaan yang juga digadaikannya.

Sisa uang gadai mobil sewaan dari pemilik rental yang baru dikenalnya ia gunakan untuk keperluan biaya sehari-hari pria tamatan SMK ini.

"Pengakuan pelaku terpaksa menipu lantaran juga kepepet untuk melunasi utang pinjaman untuk menebus mobil yang telah digadaikannya. Selain itu sisa hasil kejahatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ujarnya.

Rata-rata mobil yang digadai berjenis Toyota Avanza, per unitnya mobil sewaan itu ia jual seharga Rp 25 juta.

Suprasetyo menuturkan MF dijerat pasal 378 jo 372 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Ia mengimbau agar para pengusaha mobil agar tak menyewakan mobil atas dasar kepercayaan agar tidak terjadi kasus serupa.

Sebelum Masuk Jurang Sedalam 15 Meter di Sukabumi, Sopir Bus Sudah Diingatkan Jalur Curam

Dipicu Insiden Tabrakan, Wanita di Surabaya Ditarik Bajunya dan Dipukul Berkali-kali

Pelihara Tarantula Bisa Pacu Adrenalin, Ini Buktinya

"Pasal 378 jo 372 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman di atas lima tahun penjara. Kami imbau agar pengusaha rental mobil tidak meminjamkan atas dasar kepercayaan," tuturnya

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved