Gojek akan Beri Jawaban Konkrit Dalam 2 Hari Terkait Tuntutan Aliando

Oleh karena itu, Aliando menuntut adanya perhitungan dan perubahan berdasarkan karakteristik disetiap wilayah

Gojek akan Beri Jawaban Konkrit Dalam 2 Hari Terkait Tuntutan Aliando
TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI
Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) yang merupakan kumpulan pengemudi taksi online berunjuk rasa ke Kantor Gojek Indonesia di Kawasan Blok M, Kebayoran Batu, Jakarta Selatan, pada Kamis (13/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pengemudi taksi online kembali melakukan aksi unjuk rasa terkait beberapa kebijakan dari aplikator, yaitu Gojek Indonesia dan Grab Indonesia.

Aksi kali ini dilakukan oleh Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) yang aksi awal dilakukan di Kantor Gojek Indonesia yang terletak di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Koordinator Aliando April Baja mengatakan salah satu tuntutan dari 9 tuntutan yang disampaikan yaitu perhitungan skema dan poin serta harga perkilometer yang tidak rasional.

Ia mengatakan bonus akan dibayarkan secara langsung apabila pengemudi sudah mencapai performa, diantaranya 19 poin.

"Ada yang salah dengan skema insentif ini. Akhirnya teman-teman driver online dipaksa untuk bekerja rata-rata 19 jam per hari," kata April di depan Kantor Gojek, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (13/9/2018).

Iklan Jokowi Viral: Fadli Zon Minta Copot, Sindiran Ferdinand hingga Klarifikasi Kemenkominfo

Ia mengungkapkan area Jabodetabek menjadi lokasi dimana tingkat kepadatannya sangat tinggi.

Hal tersebut mengakibatkan jam kerja yang semakin panjang dan melelahkan bagi pengemudi yang beroperasi di area ini.

"19 poin kalau equalnya di Jabodetabk ini yang lalu lintasnya seperti ini rata-rata 1 point ini satu order. 1 order sama dengan 1 jam. Kalau 19 point sama kasarnya 19 jam sampai 20 jam. Di negara mana yang lebih dari 12 jam," ungkap dia.

April mengatakan kondisi saat ini berbanding jauh dengan biaya operasional di lapangan terjadi saat ini di seluruh kota di Indonesia.

Oleh karena itu, Aliando menuntut adanya perhitungan dan perubahan berdasarkan karakteristik disetiap wilayah.

Sementara itu, VP of Coorporate Communication Gojek Indonesia Michael Reza Say yang menemui langsung massa aksi mengatakan akan memberikan jawaban konkrit dalam waktu dua hari ke depan.

"Teman-teman perwakilan dari aliando sudah menyampaikan beberapa poin, sudah kita terima dengan baik. Dan kami yang bisa saya sampaikan dalam waktu satu, dua hari ada yang konkrit yang bisa saya sampaikan ke teman-teman aliando," kata Michael.

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved