KPK Berhak Benahi Tata Kelola Lapas Sukamiskin

Menurut Saut, pihaknya berhak masuk untuk membenahi lapas khusus napi korupsi yang sebenarnya tanggung jawab Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham

Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Suasana di depan Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jumat (4/5/2018). TRIBUN JABAR/DANIEL ANDREAND DAMANIK 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa punya hutang dalam membenahi tata kelola Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, setelah melihat temuan Ombudsman terkait sel mewah yang ditempati terpidana korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto atau yang akrab disapa Setnov.

"KPK masih punya hutang untuk benahi tata kelola rumah binaan belajar dari OTT Sukamiskin yang belum lama ini," kata Saut dalam keterangannya, Jakarta, Senin (17/9/2018).

Menurut Saut, pihaknya berhak masuk untuk membenahi lapas khusus napi korupsi yang sebenarnya tanggung jawab Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham.

Hal itu, sambung Saut, sesuai dengan perintah perundang-undangan KPK.

Prabowo Sebut Zulkifli Hasan Rancang Strategi Gulingkan Ahok, M Taufik: Ahok Sudah Kalah

"Pintu masuk KPK itu melalui perintah UU KPK tentang peran koordinasi, supervisi, dan monitoring tentang pelaksanaan pemerintahan, penegakan hukum, dan lain-lain," ujarnya.

Sekadar informasi, Ombudsman mendapati hasil yang mengejutkan saat melakukan sidak di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 14 September 2018, malam.

Saat itu, Ombudsman menemukan luas ruang kamar Setnov dua kali lebih besar daripada yang lainnya.

Dalam foto yang beredar di media tersebut, ‎saat sidak Ombudsman mendapati Setnov sedang duduk bersama dengan M. Nazaruddin.

Keduanya duduk di sebuah ruang cukup besar yang ada di kamar Setnov.

Dalam ruangan tersebut, terlihat ada satu kasur besar yang muat untuk ditiduri dua orang.

Tak hanya itu, sel Setnov juga terlihat rapi dengan balutan wallpaper di bagian dindingnya serta ada meja yang sepertinya dikhususkan untuk bekerja.

Penulis: Ilham Rian Pratama

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPK Merasa Punya Hutang Benahi Tata Kelola Lapas Sukamiskin

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved