Breaking News:

Sedang Bersihkan Kolam Lele, Seorang Warga di Temanggung Temukan Prasasti Berusia 1.231 Tahun

Meski prasasti di batu andesit itu terpecah-pecah menjadi lima potongan berbagai ukuran, tulisannya masih dalam kondisi sangat baik.

Istimewa
Prasasti Mataram Kuno Berusia 1.231 Tahun Ini Ditemukan di Kolam Lele di Temanggung 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebuah prasasti sangat tua dari masa-masa awal kerajaan Mataram Kuno ditemukan di Temanggung, Jawa Tengah, pekan lalu.

Persisnya, prasasti itu ditemukan di sebuah kolam lele yang dikelola Pak Wardi di Dusun Nglarug, Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung.

Meski prasasti di batu andesit itu terpecah-pecah menjadi lima potongan berbagai ukuran, tulisannya masih dalam kondisi sangat baik dan memungkinkan dibaca.

Ukuran prasasti batu itu 55 cm x 40 cm.

Petugas BPCB Jateng dan Dinas Kebudayaan Temanggung, Senin (17/9/2018), telah mendatangi lokasi dan mendata temuan penting ini.

Goenawan A Sambodo, pegiat sejarah klasik dan pembaca huruf Jawa Kuno menyebut inskripsi itu memuat angka tahun 709 Saka, atau 787 Masehi.

Angka tahun itu diduga masa ketika prasasti itu dibuat.

Belum diketahui isi lengkap inskripsi kuno tersebut, yang diperkirakan dibuat pada masa awal kekuasaan Rakai Panaraban (784 M - 803 M).

Rakai Panaraban ini raja ketiga Mataram Kuno, menurut daftar raja dan maharaja yang pernah memerintah imperium Mdang Mataram, menurut prasasti Wanua Tengah III.

"Penemunya Pak Wardi, saat membersihkan kolam lele yang diurusnya," kata Goenawan yang sempat membaca sebagian isi inskripsi tersebut pada Tribunjogja.com.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved