Ribut-ribut Soal Honor Penari Ratoh Jaroe, Ini Fakta Sebenarnya Versi INASGOC dan Sekolah

Di balik indahnya tari Ratoh Jaroe saat opening ceremony Asian Games, mencuat isu tak sedap soal honor belum diterima penari. Ini fakta sebenarnya.

Ribut-ribut Soal Honor Penari Ratoh Jaroe, Ini Fakta Sebenarnya Versi INASGOC dan Sekolah
Tangkapan layar YouTube Surya Citra Televisi (SCTV)
Tari Ratoh saat opening ceremony Asian Games 2018. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Jutaan mata mengagumi gerak ritmik sekitar 1.600 penari yang membawakan tarian Ratoh Jaroe pada pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018).

Tak sedikit YouTuber dari dalam dan luar negeri pun berbondong-bondong memberikan reaksi mereka ketika melihat ribuan penari itu kompak menari Ratoh Jaroe.

Di balik indahnya tari Ratoh Jaroe yang dibawakan pelajar dari sejumlah SMA di DKI Jakarta, mencuat isu tak sedap soal honor yang belum diterima.

TribunJakarta.com mencoba menghimpun dari berbagai sumber soal polemik honor yang diberikan INASGOC kepada para penari.

Mengenal tarian Ratoh Jaroe

Ratoh Jaroe merupakan tarian Aceh yang lahir dan berkembang di Jakarta.

Etnomusikolog Universitas Syiah Kuala, Aceh, Ari Pahlawi mengatakan, Ratoh Jaroe berasal dari dua kata, yaitu Ratoh yang berarti menari dan Jaroe yang berarti jari jemari. Jika digabungkan mempunyai makna jemari yang menari.

"Konsep tarian aceh sebenarnya ada dua, yakni berdiri (dong) dan duduk (duek). Namun Tari Ratoh Jaroe ini menggunakan konsep duduk (duek)," kata Ari Pahlawi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/8/2018).

Menurut dia, tarian Aceh mengombinasikan gerakan tangan, bahu, badan, dan kepala sehingga bisa bergerak selaras dengan baik antara satu pemain dengan pemain lainnya.

Tarian Aceh diperankan oleh kelompok wanita dan kelompok laki-laki. Ia mengungkapkan, Ratoeh Jaroe sendiri dikembangkan oleh Yusri atau sering dikenal dengan Dek Gam pada 1999.

Halaman
1234
Penulis: yogi gustaman
Editor: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved