Wali Kota Bekasi Ingin Gratisan Biaya SMA/SMK Negeri dari Pemasukan Pendapatan Pajak Kendaraan

"Dari total penghasilan PKB dan BBNKB kemudian dibagi 70 persen untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat, 30 persen untuk Pemerintah Kota Bekasi," katanya

Wali Kota Bekasi Ingin Gratisan Biaya SMA/SMK Negeri dari Pemasukan Pendapatan Pajak Kendaraan
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi usai rapat paripurna di gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar Bekasi Timur, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ingin dana perimbangan provinsi dialokasikan untuk biaya pendidikan tingkat SMA/SMK sederajat agar dapat digratiskan.

Dia menjelaskan, Kota Bekasi merupakan daerah kedua terbesar penyumbang dana perimbangan Provinsi dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

"Dari total penghasilan PKB dan BBNKB kemudian dibagi 70 persen untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat, 30 persen untuk Pemerintah Kota Bekasi," kata pria yang akrab disapa Pepen, Jumat (21/9/2018).

Pepen menambhakan, konsep yang ingin dia tawarkan yakni bersifat bagi hasil, dari 70 persen tersebut, Pemerintah Provinsi bersedia menyumbangkan 20 persennya dikembalikan ke Pemerintah Kota Bekasi dalam bentuk dana alokasi pendidikan tingkat SMA/SMK sederajat.

"Kami minta 20 persen dari yang 70 persen itu untuk membiayai sharing, kan kemarin dua tahun lalu SMA/SMK negeri di Bekasi gratis sekarang begitu UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah berubah karena kewenangan ke provinsi, anak-anak kita yang sekolah di Kota Bekasi ini kan kena bayaran lagi nah itu yang akan kita kembalikan gratis," kata Pepen.

Rencana itu juga masuk dalam program yang akan dijalankan selama periode pemerintahan lima tahun kedepan 2018 sampai 2023.

Dimana, pendidikan negeri di Kota Bekasi gratis 12 tahun.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved