Pemerintah Malaysia Larang Penggunaan Sedotan Mulai Tahun 2019

Pemerintah Malaysia untuk melarang penggunaan sedotan plastik di negara tersebut per 1 Januari 2019.

Pemerintah Malaysia Larang Penggunaan Sedotan Mulai Tahun 2019
Edgeeffects.net
Sedotan plastik 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sedotan plastik merupakan benda yang dianggap mencemari lingkungan karena sifatnya yang tidak mudah terurai di alam.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi pemerintah Malaysia untuk melarang penggunaan sedotan plastik di negara tersebut per 1 Januari 2019.

Pelarangan ini diumumkan langsung oleh Menteri Sekretaris General Malaysia, Datuk Seri Adnan Mohd Ikhsan pada Kamis (20/9/2018).

Dilansir Grid.ID dari Thestar.com, Adnan menyatakan peraturan tersebut berlaku bagi semua tempat usaha kuliner dan apabila dilanggar maka usaha tersebut terancam akan diberhentikan.

“Semua persyaratannya telah disebutkan secara jelas dalam izin usaha mereka, jadi tidak ada alasan untuk mereka mengabaikannya,” ujar Datuk Seri Adnan Mohd Ikhsan seperti dikutip Thestar.com.

Pelarangan tersebut rupanya belum diberlakukan bagi seluruh wilayah di Malaysia tetapi baru meliputi negara bagian Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan.

Namun kebijakan yang diambil negara ini dianggap memberikan angin segar bagi pelestarian lingkungan.

Sebelumnya, Malaysia juga mengeluarkan kebijakan pro lingkungan lainnya, yakni pelarangan penggunaan kantung plastik dan tempat makan yang terbuat dari polystyrene pada September 2017.

Sepertinya, kebijakan seperti ini patut ditiru oleh pemerintah Indonesia agar lingkungan hidup di negara ini makin lestari. (*)

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judul: Mulai 2019, Pemerintah Malaysia Larang Penggunaan Sedotan

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved