Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Potong 40 Persen Tunjangan Operasional Demi Efisiensi Anggaran

"Sudah, saya sudah bikin surat pernyataan. Saya kan dapat operasional, nanti semua pejabat," kata Rahmat Effendi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Potong 40 Persen Tunjangan Operasional Demi Efisiensi Anggaran
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menghadiri rapat kordinasi di Aula Sekolah BPK Penabur Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (24/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berencana memotong tunjangan operasional Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Hal itu dilakukan untuk efisiensi anggaran belanja, bahkan pihaknya sudah membuat surat pernyataan soal pemotongan operasional tersebut.

"Sudah, saya sudah bikin surat pernyataan. Saya kan dapat operasional, nanti semua pejabat," kata Rahmat Effendi, kepada wartawan di Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (24/9/2018).

Langkah itu ia lakukan sebab, pada delapan bulan terakhir sebelum dia memimpin pada periode kedua ini, kondisi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Bekasi tidak maksimal.

"Kami kan lagi dianggap kemarin delapan bulan terjadi turbulensi, tidak bisa penghasilan maksimal, sekarang saya mencontohkan, saya bilang Operasional saya potong 40 persen, pejabat lain 40 persen, bisa mengefisiensi Rp. 67 miliar," katanya.

Target pendapatan Daerah (PAD) Kota Bekasi tahun ini mencapai Rp 2,4 triliun. Rahmat menyatakan, target itu harusnya tercapai jika tidak terjadi turbulensi anggaran.

"Coba you baca sejarah kota Bekasi dari tahun 1999 sampai tahun 2017. Nggak pernah yang namanya PAD itu nggak tercapai, over target 10 sampai 20 persen. Laporan hasil saya ke Gubernur 2013 - 2017 selalu melebihi target, begitu saya tinggal kemarin, ambruk 8 bulan," katanya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved