Banyaknya Debu di Jalan Kalimalang Jadi Keluhan Warga dan Pengendara Motor

Para pengendara sepeda motor mengeluhkan debu yang sering masuk ke mata atau pernafasan mereka, sehingga tak jarang mengganggu perjalanannya

TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Banyaknya debu di Jalan Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur sering dikeluhkan warga dan pengendara sepeda motor, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Debu dan panasnya sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur menjadi keluhan bagi warga sekitar dan pengendara sepeda motor yang melintas.

Para pengendara sepeda motor mengeluhkan debu yang sering masuk ke mata atau pernafasan mereka, sehingga tak jarang mengganggu perjalanannya.

"Parah memang debu di sini, kalau tidak pakai masker batuk-batuk pasti. Apalagi kalau yang sudah dekat proyek pembangunan, makin banyak debunya," ujar Hamid, pengendara sepeda motor yang sedang menepi, Rabu (26/9/2018).

Menurutnya, debu yang berada di Jalan Inspeksi Kalimalang seakan tidak ada habisnya, ditambah sejumlah proyek pembangunan yang berada di sekitar wilayah tersebut.

"Banyak pembangunan juga disini, makanya debu ada terus. Tapi mending sekarang, jalannya udah halus. Dulu belum begini, debunya dari jalan," ujar Hamid.

Banyaknya debu juga dikeluhkan Wita, pemilik warung makan yang berada di pinggir Jalan Inspeksi Kalimalang.

Jasad Kakaknya Dikebumikan Dekat Makam Sang Ayah, Begini Ungkapan Kesedihan Syahrini

Manajer Persija Jakarta Dukung Langkah PSSI Hentikan Sementara Liga 1 2018

Untuk mengatisipasi agar makanan yang dijualnya tidak tertempel debu, ia memasang gorden tepat di depan jendela dan pintu masuk warung makannya.

"Dipakain gorden kaya begitu biar debunya tidak masuk. Tapi kadang dikira orang (warung) tutup. Susah juga memang," ujar Wita.

Menurut warga sekitar, Sucipto, debu-debu tersebut berasal dari sejumlah proyek pembangunan dan banyaknya lahan kosong tanah merah, yang berada di sekitar Jalan Inspeksi Kalimalang.

Dinas terkait juga sudah sering melakukan pembersihan di sekitar Jalan Inspeksi Kalimalang, dengan menyiramkan air atau menyapunya untuk menghilangkan debu.

"Yang baju oren udah sering bersihin pakai selang pemadam kebakaran, buat hilangin debu. Tapi ya masih banyak, karena ada tanah merah sama proyek jalan," ujar Sucipto.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved