Gubernur Anies Resmi Cabut Izin Prinsip 13 Pulau Reklamasi Yang Belum Dibangun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mencabut izin prinsip 13 pulau reklamasi yang masih belum dibangun, artinya proyek reklamasi dihentikan.

Gubernur Anies Resmi Cabut Izin Prinsip 13 Pulau Reklamasi Yang Belum Dibangun
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mencabut izin prinsip 13 pulau reklamasi yang masih belum dibangun, artinya proyek reklamasi dihentikan.

Sebanyak 13 pulau tersebut adalah Pulau A, B, dan E (PT. Kapuk Naga Indah); Pulau I, J, dan K (PT. Pembangunan Jaya Ancol); Pulau M (PT. Manggala Krida Yudha); Pulau O dan F (PT. Jakarta Propertindo); Pulau P dan Q (KEK Marunda Jakarta); Pulau H (PT. Taman Harapan Indah); dan Pulau I (PT. Jaladri Kartika Pakci).

"Setelah kita lakukan verifikasi, maka Gubernur secara resmi mencabut seluruh izin pulau pulau reklamasi tersebut. Sehingga kegiatan reklamasi di Jakarta bisa saya umumkan hari ini bahwa kegiatan reklamasi telah dihentikan," ujar Gubernur Anies saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Anies mengatakan, hal itu telah diputuskan setelah dirinya mendapatkan rekomendasi dari Badan Koordinasi Pengelolaan Pantai Utara (BKP-Pantura) terkait pulau reklamasi tersebut.

Penghentian itu tidak hanya dalam hal pengerjaan saja, melainkan juga secara keseluruhan.

Sebagai langkah awal, Pemprov DKI Jakarta akan segera mengirim surat pencabutan persetujuan prinsip dan pembatalan surat perjanjian kerjasamanya kepada pihak pengembang.

Kemudian, akan dilakukan perhitungan nilai ekonomis dari kewajiban, kontribusi tambahan, dan kontribusi yang sudah dilaksanakan oleh mitra melalui jasa penilai independen.

"Bagi yang sudah terbangun saat ini sedang ada monitoring dampak pembangunan Pulau reklamasi terhadap pantai utara, lalu sedang dilakukan juga monitoring untuk memberikan rekomendasi perubahan bentuk serta rehabilitasi pemulihan Pantai Utara Jakarta," kata Anies.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved