Pemilu 2019

KPU Jakarta Utara Berharap Kampanye Ramah Lingkungan Tanpa Alat Peraga Kampanye di Pohon dan Jalan

Menurut Arif, pihaknya bekerjasama dengan Bawaslu akan menindak tegas dengan menurunkan APK apabila masih ditemukan terpasang di tempat yang dilarang.

KPU Jakarta Utara Berharap Kampanye Ramah Lingkungan Tanpa Alat Peraga Kampanye di Pohon dan Jalan
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Anggota KPU Jakarta Utara Arif Budianto, Rabu (26/9/2018), di Kantor Walikota Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara menginginkan keberlangsungan kampanye yang ramah lingkungan jelang pemilihan umum 2019.

Adapun masa kampanye telah berlangsung pada 23 September 2018 kemarin dan akan berakhir pada 13 April 2019 mendatang.

Anggota KPU Jakarta Utara, Arif Budianto menjelaskan, kampanye ramah lingkungan secara sederhana dapat diwujudkan dengan kesadaran para peserta pemilu untuk tidak memasang alat peraga kampanye (APK) di pohon-pohon.

"Ini terkait APK. Ini kan kita sekarang kampanye ramah lingkungan, tidak boleh memasang APK di pohon," kata Arif, Rabu (26/9/2018), kepada wartawan di Kantor Walikota Jakarta Utara.

Selain di pohon-pohon, Arif mengatakan terdapat sejumlah tempat lainnya seperti rumah ibadah, sekolah, dan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang tidak boleh dipasangi APK.

Arif menambahkan, pihaknya juga telah memetakan enam titik jalan protokol di wilayah Jakarta Utara yang tidak boleh dipasangi APK.

"Ada enam titik untuk Jakarta Utara. Empat di antaranya (Jalan) Yos Sudarso, Jalan R. E. Martadinata, Jalan Boulevard Kelapa Gading, jalan dekat Taman Jogging Kelapa Gading. Itu adalah zona yang tidak boleh dipasang APK. Harus steril dari APK baik pileg maupun pilpres," kata Arif.

Menurut Arif, pihaknya bekerjasama dengan Bawaslu akan menindak tegas dengan menurunkan APK apabila masih ditemukan terpasang di tempat yang dilarang.

Sederet Fakta Tania, Pengendara Mobil yang Masuk Rangkaian Iringan Presiden Jokowi di Tol Jagorawi

Tolak Dukung Jokowi-Maruf Amin, Sejumlah Caleg Partai Golkar Membelot Bentuk Relawan Go Prabu

"Tentu nanti panwas akan menurunkan apabila ada APK yang terpasang di zona-zona yang terlarang terutama dengan ketentuan uu yg berlaku. Sanksi terberat ya diturunkan itu tadi. Tentu Bawaslu sudah mempunyai perangkat untuk pendekatan secara preventif dan persuasif terhadap pelanggar-pelanggar tadi," kata Arif.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved