Nyamar Jadi Kernet Demi Tangkap Pelaku Pungli, Kapolsek Bantar Gebang Pernah Dapat Penghargaan Ini

Alhamdulillah kemarin ada laporan dari masyarakat setelah aksi penangkapan kemarin pungli di wilayah lain juga ikut steril, karena mereka merasa takut

Nyamar Jadi Kernet Demi Tangkap Pelaku Pungli, Kapolsek Bantar Gebang Pernah Dapat Penghargaan Ini
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kapolsek Bantar Gebang Kompol Siswo 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTAR GEBANG - Baru-baru ini, aparat Polsek Bantar Gebang berhasil meringkus oknum organisasi kepemudaan yang menjalankan prkatik Pungutan liar (pungli) ke sejumlah sopir truk yang melintas di Jalan Cipendawa, Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Dibalik penangkapan tersebut, Kapolsek Bantar Gebang Komisaris Polisi Siswo bersama jajarannya menyamar sebagai kernet truk agar bisa melihat langsung praktik pungli itu.

Siswo mengungkapkan, aksi penyamaran sejatinya selain untuk membuktikan langsung adanya praktik pungli, ia mengaku melakukan hal itu untuk melihat langsung dari jarak dekat bagaiman sopir truk dipaksa membayar iuran yang seharusnya tidak ia bayarkan.

"Dengan menyamar seperti itu saya bisa lihat langsung praktik retribusi ilegal (Pungli) yang dijalan oknum organisasi kepemudaan, saya juga mendengar bagaiman percakapan antara sopir truk dengan para pelaku yang memaksa meminta uang," kaya Siswo kepada TribunJakarta.com, Kamis (27/9/2018).

Pria kelahiran November 1964 itu mengaku sangat kesal ketika awal laporan yang masuk ke Polsek Bantar Gebang tetang adanya pungli di wilayah hukumnya.

"Jujur saya sangat tidak senang, ada beberapa pengusaha melapor bahwa ada pungli di wilayah saya, akhirnya saya pimpin langsung operasi dan ternyata benar saya melihat dengan mata kepala saya oknum yang mencari celah, wilayah saya harus nyaman, aman, gak ada itu pungli-pungli," katanya.

Gaya kepemimpinan tegas dan tidak pandang bulu seolah jadi pembawaan bapak tiga anak itu. Selama di Bantar Gebang, sejumlah prestasi pernah dia raih.

Salah satu yang paling membanggakan yakni ketika dia berhasil dinobatkan menjadi Kapolsek terbaik se-Polda Metro Jaya berkat perubahan dan kepemimpinan yang tegas dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pelayanan yang prima.

"Tahun 2011 saya dapat penghargaan Kapolsek ketiga terbaik se-Polda Metro Jaya, waktu itu saya dinilai berhasil memberikan pelayanan administratif yang baik serta pengungkapan kasus yang sempurna selama menjabat sebagai Kapolsek Bantar Gebang," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved