Sudin KPKP Jakarta Utara Ajak Siswa SD Gemar Makan Ikan

Sebanyak 200 siswa SD 01 dan SD 03 Tugu Selatan diberikan edukasi tentang manfaat mengonsumsi ikan lewat media-media yang menarik dan menghibur.

Sudin KPKP Jakarta Utara Ajak Siswa SD Gemar Makan Ikan
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Ratusan siswa SD 01 & 03 Tugu Selatan mengikuti Safari Kampanye Gemarikan yang diadakan Sudin KPKP Jakarta Utara, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Utara menggelar Safari Kampanye Gemarikan, Kamis (27/9/2018), di SD 01 dan SD 03 Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Kasudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan, khususnya di kalangan generasi muda Jakarta Utara.

Program ini baru pertama kali digalakkan di Jakarta Utara, dan dua sekolah dasar tersebut menjadi tempat pertama kalinya digelar kampanye gemar makan ikan ini.

"Kita lebih fokuskan ke generasi muda karena mereka inilah yang nanti bisa mengubah kebiasaan makan dan konsumsi supaya memperbaiki status gizi mereka sekaligus memperbaiki kecerdasan dan fisik," kata Rita.

Sebanyak 200 siswa SD 01 dan SD 03 Tugu Selatan diberikan edukasi tentang manfaat mengonsumsi ikan lewat media-media yang menarik dan menghibur.

Mereka juga diajak untuk menikmati sejumlah makanan olahan ikan yang dijajakan di bazar kecil-kecilan di dalam sekolah.

"Jadi selain kita sosialisasikan manfaat ikan melalui lagu, bahan bacaan, tapi ini ada juga edukasi melalui dongeng. Itu sesuatu yang menarik buat mereka, jadi itu pesan-pesan disampaikan dengan cara-cara yang menarik dan menghibur sehingga biasanya lengket. Kemudian kita juga adakan kuis-kuis untuk membangkitkan pengetahuan dan nalar mereka misalnya jenis ikan laut dan ikan tawar," beber Rita.

Rita menambahkan, program seperti ini ditujukan untuk meningkatkan indeks konsumsi ikan nasional.

Ditargetkan, tingkat konsumsi ikan nasional di tahun ini mencapai 45,27 kilogram per kapita.

"Di DKI Jakarta masih dibawah nasional. Pada 2017 itu nasional sudah 45 kilogram per kapita, Jakarta baru 38 kilogram per kapita. Kita harapkan angka nasional tahun lalu itu menjadi target kita tahun ini jadi 45,27 untuk tahun 2018," kata Rita.

Program seperti ini, menurut Rita akan dilanjutkan, terutama di bulan November saat perayaa Hari Ikan Nasional pada 21 November 2018 mendatang.

"Itu biasanya banyak event-event baik pemerintah pusat maupun provinsi," tandasnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved