Suporter Tewas

Belajar dari Kasus Haringga Sirila, The Jakmania Harus Bisa Semakin Dewasa

tewasnya Haringga Sirila harus menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk instropeksi diri membangun sepak bola Indonesia lebih baik lagi.

Belajar dari Kasus Haringga Sirila, The Jakmania Harus Bisa Semakin Dewasa
Kompas.com/Garry Andrew Lotulung
Koreografi pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018). KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Manajer Persija Jakarta, Marsma TNI Ardhi Tjahjoko berharap tewasnya Haringga Sirila menjadi pelajaran bagi dua kelompok suporter The Jakmania dan Bobotoh.

Ardhi berharap kejadian ini menjadi yang terakhir dan tak ada lagi kasus kematian di dunia sepak bola Indonesia.

Menurut dia, tewasnya Haringga Sirila, suporter Persija Jakarta, menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk instropeksi diri membangun sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan saya berharap kejadian ini pihak The Jak dan Bobotoh bisa membuka mata. Jadi sia-sia korban berjatuhan selama ini hanya karena gara-gara fanatis terhadap tim dan tidak berpikir panjang," ungkap Ardhi kepada TribunJakarta pada Kamis (27/9/2018).

Dalam beberapa tahun terakhir, Ardhi menilai jika The Jakmania telah banyak berubah menjadi lebih baik.

Hal itu dibuktikan dengan semakin dewasanya The Jakmania setiap mendukung perjuangan Persija berlaga.

"The Jakmania memang lebih jauh berubah dari paradigma yang dulu dan sekarang. Kita sudah lebih dewasa dan sudah lebih baik lagi dari sebelumnya," kata Ardhi.

Ardhi berharap The Jakmania bisa menunjukan dukungan positif dengan mengekspresikannya melalui nyanyian dan koreo.

"Saya harap ini terus dipertahankan. Kita buat kreatifitas persaingan suporter yang bagus dalam artian dengan korea dan tidak ada nyanyian rasis lagi," beber dia. 

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved